Berita

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital: Ignition Pontianak Hadirkan Pembicara Dari Founder Startup Sampai Menteri

15 Maret 2016


Pontianak menjadi kota keempat setelah Jakarta, Bandung dan Yogyakarta yang disambangi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara.

Setelah menyambangi Denpasar dan Makassar, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan menyasar kota ketiga di luar Pulau Jawa yaitu Pontianak sebagai tuan rumah berikutnya. Pontianak akan menggelar tahap pertama yaitu Ignition di Balai Petitih, Kantor Gubernur, Jl. Ahmad Yani, Minggu (19/3).

Ignition adalah sesi seminar yang bertujuan untuk menanamkan pola pikir ent repreneurship bagi mereka yang mau memberikan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi banyak orang. Bagaimana berkolaborasi, melihat masalah sebagai peluang, serta membangun ide menjadi bisnis. Bentuk kegiatannya berupa seminar dengan menghadirkan beberapa pembicara yang sudah mumpuni di bidang teknologi, kreatif, maupun startup. Bahkan, Pontianak mendapatkan kesempatan istimewa dengan hadirnya Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, sebagai salah satu pembicara. Pontianak merupakan kota keempat yang dihadiri oleh Rudiantara dalam rangkaian Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Sebelumnya, Rudiantara juga hadir di Hacksprint Jakarta, Ignition kedua Yogyakarta dan Ignition pertama Bandung, guna memaparkan komitmen pemerintah dalam mendukung akselerasi penguatan ekonomi digital nasional dengan salah satunya melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

"Menteri Komunikasi dan Informatika RI akan menjadi pembicara untuk sesi panelis dengan tema Local Empowerment for Global Impact. Kami yakin, dengan fokus menyelesaikan problem di ranah lokal, solusi yang ditemukan bisa jadi pelajaran untuk dibawa ke tingkat selanjutnya. Bisa jadi di tingkat nasional atau bahkan di tingkat global. Artinya, Pontianak juga dapat melahirkan startup digital yang kompetitif di ranah global," ujar Chief Executive KIBAR, Yansen Kamto atau yang kerap disapa Bung Kamto ini.
Ignition akan terbagi menjadi tiga sesi presentasi dan empat sesi panel diskusi yang akan mengangkat tema seputar pola pikir entrepreneurship dan startup digital, yaitu:

Keynote 1 : Lis Sutjiati (Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)

Keynote 2 : Yansen Kamto (Chief Executive KIBAR)

Sesi Panel 1 : Building Startup To Solve a Problem
Pembicara :
Muhammad Hafiz Waliyuddin (CEO Angkuts)
Ridho Brilliantoro (Founder Pontinesia)
Prasetyo Andy Wicaksono (Head of IT Development Jakarta Smart City)

Sesi Panel 2 : How Technology Reshaping Our Behavior
Pembicara :
Andreas Senjaya (CEO iGrow)
Andreas Aditya (Co-founder Nebengers)
Adhi Brahmantya (Direktur Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Bank BUKOPIN)

Sesi Panel 3 : The Rise of Creative Startups
Pembicara :
Anto Motulz (Creative Advisor Kreavi)
Andi Martin (CEO Kratoon Channel)

Sesi Panel 4 : Local Empowerment for Global Impact
Pembicara :
Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika RI)
Yansen Kamto (Chief Executive KIBAR)
Donny Budi Utoyo (Executive Director ICT Watch Indonesia)

Keynote 3 : Yohan Totting (Google Developer Expert for Web Technologies)

Pontianak dikenal sebagai kota dengan segudang prestasi. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Pontianak pada awal

Maret 2017, ibu kota Kalimantan Barat ini ditetapkan sebagai kota dengan Tata Kelola Ekonomi Daerah terbaik di seluruh Indonesia. Selain prestasi tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat merilis jika pada Maret 2017, Pontianak masuk ke dalam daftar 10 kota yang memiliki potensi ekonomi digital terbesar di Indonesia. Hal ini sangat berpotensi untuk dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah kota, agar pertumbuhan ekonomi Pontianak dapat semakin terus meningkat melalui ekonomi digital sehingga dapat berkontribusi terhadap angka pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat bahkan Indonesia.

Melihat potensi tersebut, Pontianak diyakini dapat menjadi salah satu fondasi dalam menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Asia. "Saya percaya Pontianak dapat menjadi salah satu kota yang mampu meningkatkan potensi ekonomi digital yang kuat di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari semangat anak-anak mudanya yang mau sama-sama bergerak secara nyata untuk menciptakan solusi baru melalui teknologi digital," lanjut Bung Kamto.

Jika kalian termasuk anak muda penggerak bangsa yang menolak terbuai oleh potensi dan ingin menciptakan solusi untuk membawa Indonesia menjadi negara besar, gerak sekarang!

Tentang Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Gerakan ini berlangsung di 10 kota Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Pontianak, Makassar, Medan dan Denpasar.


Info lanjut hubungi:
Rizky Kurniawan Suhyar
Public Relations
E: gerak@1000startupdigital.id
W: www.1000startupdigital.id
M: +62 877 8235 4151




Top
Top