Berita

Road to Gerakan Nasional 1000 Startup Digital: Miliki Wadah untuk Penggiat IT Lokal, Pontianak Siap Lahirkan Ekosistem Startup Digital yang Solid

23 November 2016


Potensi ekosistem startup digital di Pontianak diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini didukung oleh jumlah penduduk usia produktif yang mencapai 70,17 persen dari total populasi dan 120 ribu pengguna internet aktif di Pontianak saat ini.

Para pelaku startup di sana juga semakin didukung dengan hadirnya Pontianak Digital Stream yang menjadi wadah bagi para pengiat IT lokal untuk berkontibusi menjadikan Pontianak sebagai salah satu smart city yang terus memanfatkan teknologi untuk membangun ekonomi digital. Bukti lain yang menegaskan Pontianak menjadi salah satu kota dengan perkembangan ekosistem startup digital pesat adalah munculnya sejumlah startup digital seperti Angkutz, Bujang Kurir, Pontinesia, Doka Loka, Guru Kite, Venuers, Travella dan Tripy.

Karena alasan itulah, Pontianak akan menjadi tuan rumah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Februari 2017 mendatang. Sebelum pencarian calon dimulai, Pontianak akan terlebih dulu menggelar Road to Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dihelat di Canopy Center pada Rabu, 23 November 2016. Road to Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Pontianak ini menjadi langkah awal untuk merangkul lebih banyak anak muda kreatif dan inovatif guna menciptakan beragam solusi permasalahan yang dihadapi Indonesia secara digital.

"Kegiatan ini merupakan sosialisasi dari Gerakan Nasion al 1000 Startup Digital. Karena semangat dan aspirasi untuk berbuat sesuat u melalui startup digital di Pontianak sebenarnya sangat besar, namun kita butuh dukungan banyak pihak untuk bantu menciptakan ekosistem entrepreneurship dan startup yang lebih solid disini," ujar Yansen Kamto, Chief Executive KIBAR dan inisiator Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Yopie Setiawan, penggerak Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Pontianak mengatakan jika Pontianak sudah siap menyambut gerakan yang diinisiasi oleh KIBAR sebagai tech startup ecosystem builder dan didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. "Perkembangan startup digital pontianak menurut saya secara semangat dan tujuan akhir sudah pada arah yang tepat. Mereka juga rata-rata tertarik untuk membangun sebuah usaha rintisan berbasis digital yang dapat memberikan solusi. Perlu diingat bahwa Pontianak sebenarnya sudah mempunyai founder sukses seperti Leontinus Alpha Edison, co-founder tokopedia sehingga anak kreatif Pontianak harus memiliki keyakinan kalau mereka dapat menjadi seperti Leontinus," Yopie menuturkan.

Pada kegiatan Road to Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Pontianak, hadir sejumlah pakar yang akan berbagi ilmu dan pengalaman seputar startup digital. Mereka adalah Yansen Kamto, Chandra Firmanto, CEO of IndoGen Capital and CEO of PT Aneka Makmur Sejahtera dan Hermawan, Director Pontianak Digital Stream.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah menyiapkan rangkaian program yang akan dijalankan di 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, Pontianak dan Medan dengan tahapan yang berkesinambungan yaitu, Ignition, seminar menanamkan pola pikir pembekalan keahlian dalam membuat startup digital. Workshop, sesi dimana peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang design thinking, market validation dan business model. Hacksprint, pembentukan tim untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi. Bootcamp, sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Incubation, pembinaan secara intensif bagi startup agar siap memasuki ekosistem digital.

Gerakan ini ingin menyebarkan virus sampai ke pelosok negeri, menjangkiti anak muda yang awalnya apatis menjadi generasi kritis yang aktif bergerak menciptakan solusi yang memberi manfaat luas bagi masyarakat. Gerakan ini terbuka bukan hanya untuk mereka yang memiliki kompetensi pemrograman aplikasi saja, tetapi juga untuk semua anak muda dari berbagai keahlian, mulai dari desain, komunikasi, bisnis, ekonomi, teknik, dan lainnya.

Cita-cita tersebut akan tercapai jika penggerak utama dari ekosistem ideal yang ingin kita ciptakan saling berkolaborasi. Mulai dari pemerintah, pelaku industri, akademisi, media, dan komunitas harus saling mengisi dan menguatkan untuk satu tujuan, mengibarkan Indonesia menjadi the Digital Energy of Asia. "Dengan program Gerakan Nasional 1000 startup kita harapkan dapat menghasilkan bibit-bibit startup digital Pontianak yang andal dan dapat berbicara di tingkat nasional maupun internasional," seru Chandra Firmanto.

Tentang Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir di 10 kota Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Makassar, Medan, Denpasar dan Pontianak.
www.1000startupdigital.id

Info lanjut hubungi:
Rizky Kurniawan Suhyar
Public Relations
E: gerak@1000startupdigital.id
M: 087782354151




Top
Top