Berita

Arakan Pengantin Melayu, Drumband dan Fashion Road sebagai Puncak Perayaan HUT Pontianak ke-244

26 Oktober 2015




Sebagai puncak perayaan HUT Kota Pontianak ke-244, Pemkot Pontianak mengadakan acara Arakan Pengantin Melayu yang berlangsung pada tanggal 25 Oktober 2015 di Jalan Ahmad Yani pada pukul 08.00. Arakan diikuti oleh peserta yang mewakili kecamatan-kecamatan di Kota Pontianak dan satu dari Bank Daerah. Di sini terlihat berbagai kostum pengantin, pengiring, barang seserahan dan berbagai hal unik lainnya yang berhubungan dengan kegiatan pernikahan Melayu. Tentunya juga diiringi musik tanjidor selama di perjalanan.


Unik dan meriah, itulah kata yang bisa diungkapkan ketika menyaksikan Festival Arakan Pengantin yang digelar dalam rangka Hari Jadi (Hajad) Kota Pontianak ke-244, Minggu. Arak-arakan pengantin ini diikuti oleh 8 kelompok peserta dari kecamatan se-Kota Pontianak serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perbankan. Selain itu, sebanyak 16 pasang calon pengantin yang akan dinikahkan secara massal juga turut serta dalam festival itu. Dimulai dari halaman Museum Negeri, peserta festival arakan pengantin mulai berjalan melalui Jalan Ahmad Yani menuju Masjid Raya Mujahidin untuk mengantar para calon pengantin yang akan dinikahkan.


Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, festival arakan pengantin tahun ini sangat istimewa karena selain adanya nikah massal, festival ini juga diikuti oleh negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura serta dihadiri tamu beberapa negara seperti dari Belanda dan Denmark. Beberapa negara yang memang akar budayanya serumpun dengan Kota Pontianak turut diundang, termasuk provinsi-provinsi se-Indonesia yang adat budaya melayunya masih terjaga dengan baik seperti Riau, Jambi, Bengkulu, Palembang.


Ada beberapa kategori pemenang dalam Festival Arakan Pengantin. Adapun pemenangnya, kategori jenis arakan, juara pertama diraih Kecamatan Pontianak Timur, kedua Bank Kalbar dan ketiga Kecamatan Pontianak Barat. Sedangkan untuk kategori The Best Pengantin diraih Kecamatan Pontianak Barat dan The Best Antaran diraih Kecamatan Pontianak Tenggara.


Selain itu terdapat pula Lomba drumband dan fashion road sebagai rangkaian acara HUT Kota Pontianak ke-244 yang menyita banyak perhatian warga Pontianak. Acara yang berlangsung pada tanggal 24 Oktober di tengah Jalan Gajah Mada ini, diikuti para siswa SD, SMP, dan SMA dari dan luar kota Pontianak. Para peserta festival dan para warga tumpah ruah di badan jalan Gajah Mada Pontianak. Acara yang berlangsung pagi hari ini menjadi tontonan warga yang hadir dan juga netizen warga Kota Pontianak.


Festival fashion road sebenarnya bukan hal yang baru bagi sebuah Kota untuk menyalurkan kreativitas warganya. Misalnya masyarakat Kota Malang atau Kota Rio di Brazil yang mengadakan Festival Fashion Road sebagai agenda wisata tahunan di kotanya. Namun bagi masyarakat Kota Pontianak, ini adalah suatu hal yang baru. Acara yang selama ini ditunggu-tunggu. Kreativitas para peserta seakan tumpah dalam fashion road ini.


Dilihat dari pakaian yang mereka buat, rasanya seperti acara ini bukan di Pontianak. Mereka benar-benar total menyalurkan kreativitas mereka dalam kostum-kostum yang membuat jalan Gajah Mada Pontianak seakan baru diinvasi alien dengan kostum yang unik dan menarik. SMAN2 Pontianak keluar sebagai Pemenang dari Pontianak Fashion Road 2015 ini.

Berita: www.pontianakkota.go.id
Foto: Joko Yohanes




Top
Top