Berita

Beting Street Art 2: Menghapus Stigma Negatif, Menumbuhkan Karya Positif

29 Agustus 2016


Beting Street Art 2, sebuah persembahan karya anak-anak muda Pontianak dalam bentuk seni mural untuk memperindah kawasan Kampung Beting kembali digelar untuk kedua kalinya pada hari Minggu lalu (21/08/16).

Kegiatan yang berpusat di Kampung Beting termasuk di Halaman Istana Kadariah Pontianak ini diinisiasi oleh Forum Pemerhari Wisata (FPWA) Kalimantan Barat bekerjasama dengan Lipart, salah satu komunitas seni di Pontianak. Masyarakat yang terdiri dari kaum muda dan berbagai lapisan usia turut terlibat dban ambil bagian dalam kegiatan ini. Antusiasme tersebut sangat terlihat jelas saat pelaksanaan Beting Street Art.


Seni mural dengan berbagai tema, seperti: pendidikan dan pariwisata mewarnai sebagian ruas jalan kampung, gapura, gertak, hingga tembok perumahan warga. Aktivitas ini diharapkan selain memperindah kawasan Kampung Beting, juga bertujuan untuk menghapus stigma negatif kampung yang terkenal sebagai "daerah merah". Padahal, Beting tak dapat dipisahkan sebagai kawasan budaya dan tak luput dari sejarah pendirian Kota Pontianak.


Usaha menghapus stigma negatif itu pun terbilang unik, yakni dengan menumbuhkan semangat anak-anak muda Pontianak dengan karya-karya monumental yang positif, sehingga implementasi sebuah daerah yang maju karena sumber daya manusianya dapat terwujud di Bumi Khatulistiwa.

Semangat kebersamaan dalam berkarya inilah yang senantiasa harus dijaga. Bergandengan tangan, saling bahu membahu membangun kenyamanan dan melukis kebahagiaan kota tercinta. Let we start a good move, together!

Gambar: instagram.com




Top
Top