Berita

8 Bisnis Ngehits yang Menjanjikan Selama Ramadan Hingga Lebaran di Pontianak

10 Juni 2018

Kontributor :
Gema Mahardhika
@gemmahardhika
Lydia Shafitri
@lydiashaf
Kontributor:
Gema Mahardhika
@gemmahardhika
Lydia Shafitri
@lydiashaf


Ramadan adalah bulan yang mulia, mencari kemuliaan didalamnya bisa dengan banyak cara, salah satunya bisnis/berdagang. Beberapa bisnis yang hits selama Ramadan hingga lebaran bisa dimanfaatkan dengan baik bagi siapapun yang ingin menebar kebaikan dengan cara yang mulia. Di Pontianak, berbagai bisnis yang digerakkan anak muda seakan tumbuh pesat dan "ngehits" terlebih selama bulan Ramadan hingga Lebaran. Yuk simak, 8 bisnis ngehits yang dirangkum Pontinesia.com

1. Muslim Fashion
Bulan puasa tidak lengkap rasanya tanpa busana muslim-muslimah. Dengan menggunakan busana tersebut menambah antusias anak muda untuk menyambut, menjalani hingga melepas bulan Ramadan. Busana tak ubahnya seperti sesuatu yang melukiskan diri seseorang, sehingga perlu berhati-hati dalam memilihnya. Itulah kenapa bisnis Muslim Fashion sangat laku apabila Ramadan tiba hingga musim menyambut lebaran.

"It's not about the dress you wear, but the life you lead in that dress". - Diana Vreeland

Beberapa brand lokal Pontianak turut mewarnai kebutuhan Muslim Fashion, yang berfokus pada target market lokal maupun nasional.

2. Kuliner Khas Ramadan Hingga Lebaran
Puasa bermakna menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Itu berarti seseorang harus bisa menjaga dirinya dari banyaknya cobaan yang menggoda diluar sana, apalagi saat detik-detik menunggu waktu berbuka, bertebaran banyak makanan dan minuman yang hanya ditemukan saat Ramadan di Pontianak seperti lemang, sotong pangkong, kue sampan, kue bingke, cincau, dll. Selain itu, untuk memeriahkan suasana menyambut Hari Raya Idul Fitri pebisnis mulai memutar otak dengan menjual berbagai jenis kue lebaran, seperti kue lapis, kue kering (nastar, putri salju, kastengel, dsb).

2 kuliner spesial yang tak boleh dilewatkan selama Ramadan dan Lebaran di Pontianak adalah Sotong Pangkong dan Lapis Legit. Selain spesial, kuliner ini seakan menjadi kuliner wajib yang membuat suasana Ramadan dan Lebaran semakin dinanti.

3. Parcel Lebaran
Berkirim parcel sudah menjadi budaya bagi beberapa orang. Bertukar parcel juga menjadi tanda terjalinnya silaturahmi. Apalagi bagi rekan kerja yang tinggal berjauhan diluar kota atau pulau, berkirim parcel membuat semakin eratnya tali persaudaraan. Di Pontianak, meski terbilang bisnis musiman, beberapa usaha lokal yang menwarkan beragam kreasi parcel juga tumbuh pada momen Ramadan dan Lebaran di Pontianak.

4. Travel
Tidaklah sah bagi perantau, apalagi mahasiswa untuk jauh saat menyambut awal puasa atau lebaran dari keluarga. Kesempatan ini digunakan dengan sangat baik dari banyak kalangan, apakah itu pekerja, atau mahasiswa untuk pulang kampung. Bisnis travel pun bertebaran mulai dari layanan menjual tiket online maupun offline kereta api, kapal laut, hingga pesawat. Berkembangnya bisnis ojek online di Pontianak juga merupakan salah satu jawaban akan kebutuhan transportasi lokal di Kota Khatulistiwa tercinta.

5. Furniture
Tiap-tiap keluarga sibuk menghias rumah masing-masing untuk memperindah suasana saat lebaran dengan banyak hal. Mulai dari perabot untuk ruang tamu, alat dapur, toples, hingga mengecat dinding rumah. Furniture pun menjadi bisnis yang menggiurkan kala ramadan hingga menuju lebaran.

6. Jasa Sewa
Jasa sewa juga memberikan keuntungan yang tak sedikit bagi para penyedia jasa sewa seperti sewa kamera. Apalagi disaat bulan Ramadan ini banyak sekali momen yang membuat banyak orang tidak ingin menyia-nyiakan momen seperti buka bareng, sahur on the road, ngabuburit, dsb. Ada juga jasa sewa mobil yang tak pernah kehabisan konsumen kala detik-detik lebaran. Momen mudik menjadi pasar yang menguntungkan bagi para penyedia jasa sewa mobil.

7. Laundry
Tak ketinggalan, bisnis laundry pun semakin diminati tatkala menyambut momen lebaran. Meski tidak berfokus pada laundry pakaian, jasa laundry sepatu hingga karpet pun semakin menjanjikan. Beberapa usaha lokal di Pontianak menangkap peluang ini dengan sangat baik.

8. Aksesoris Lebaran
Tak lengkap rasanya rumah tanpa hiasan lebaran seperti ketupat, miniatur beduk dan mesjid, bahkan amplop THR (yang paling ditunggu-tunggu). Kesemua hal itu tentu adalah cara keluarga memeriahkan suasana lebaran. Meski tergolong musiman, selaku pebisnis, menjual aksesoris lebaran menjadi keunikan tersendiri kala bulan Ramadan tiba hingga saat-saat menuju lebaran.




Top
Top