Berita

Chai Kue, Kuliner Legendaris Pontianak yang Tak Lekang oleh Waktu

10 Februari 2021

Kontributor :
Yemima Ceria
@yemimaceria
Kontributor:
Yemima Ceria
@yemimaceria

Dalam sekali "menghadap", kamu bisa menghabiskan berapa Chai Kue nih? Panganan legendaris yang sudah menjadi salah satu kuliner andalan Kota Pontianak ini merupakan hidangan khas dari suku Tionghoa yang ada di Kalimantan Barat. Chai Kue sendiri juga biasa dikenal dengan nama lain yaitu Choi Pan yang memiliki arti sayuran dan kue.
Biasanya Chai Kue dijual dengan berbagai macam isian, seperti bengkuang, keladi, kucai ataupun sayuran lainnya. Bahkan, terdapat juga Chai Kue yang berisikan daging ayam maupun udang. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat makanan ini biasanya disajikan dalam jumlah yang banyak. Tidak lupa juga, cocolan saus cabai maupun kecap asin semakin menambah kelezatannya.
Chai Kue umumnya dibuat sesaat sebelum dihidangkan. Hal ini untuk menjaga kualitas rasa yang lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan masih hangat, selain dari proses pembuatan yang cukup mudah. Untuk kisaran harganya sendiri juga tidak terlalu mahal. Satu buah Chai Kue biasanya dihargai sekitar Rp 1.000 - Rp 2.000 saja.
Tidak sulit menemukan tempat yang menjual jajanan legendaris ini di Pontianak. Beberapa tempat memang sudah dikenal sebagai kedai favorit, seperti Gleam Cafe yang terletak di Jalan Tamar maupun cabangnya di Jalan Parit Haji Hussein II. Kemudian, ada juga Chai Kue Tian Melly yang berada di kawasan Siantan, tepatnya di Jalan Khatulistiwa.
Kalau kamu, dimana tempat favorit untuk menikmati kuliner andalan Pontianak yang satu ini? Cita rasanya yang unik dan otentik, menjadikan kuliner ini serasa tak lekang oleh waktu dan menjadi kuliner yang dirindu orang Pontianak yang sedang berjuang di tanah rantau. Tak sabar untuk "balek kampong" dan kembali menikmati kuliner legendaris ini?




Top