Berita

Festival Balon Dalam Rangka HUT Bengkel Seni Fisipol Untan

17 Mei 2015





Beberapa waktu lalu, masyarakat kota Pontianak telah dimanjakan dengan hiburan-hiburan masal seperti festival payung, color run, neon run, dan electric run. Yah, kini kota Pontianak juga siap bersaing dengan kota-kota lainnya salah satunya dalam hal hiburan seni dan budaya, yang menjadikan kota ini layak dikunjungi oleh para wisatawan.



Kali ini organisasi kampus Bengkel Seni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tanjungpura Pontianak (disingkat: BSF UNTAN) beraksi dengan mengadakan Festival balon untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke 17. Kemeriahan festival balon ini seolah-olah mengajak para pengunjung untuk ikut larut dalam semaraknya hari ulang tahun BSF yg ke-17 ini. Tidak tanggung-tanggung, panitia yang berjumlah sekitar 30 orang ini sudah menyiapkan hampir 19.000 balon.


Festival Balon ini merupakan kegiatan puncak dari perayaan 17 tahun berdirinya organisasi BSF Untan ini, yang sebelumnya dalam rangkaian acara yang sama diadakan pula kegiatan bakti sosial dan syukuran / ramah tamah pengurus organisasi & alumni. Tidak hanya itu saja, festival yang diadakan dari pukul 15.00 s.d 22.00 WIB ini, dimeriahkan oleh berbagai pertunjukkan seni seperti parodi, band, akustik, teater, dan pertunjukkan seni lainnya, yang berasal dari para mahasiswa/i BSF Untan. Beberapa komunitas pun ikut memeriahkan kegiatan festival ini, seperti komunitas pecinta reptil, komunitas pecinta burung hantu, komunitas pecinta iguana, dan komunitas lainnya memberikan nuansa yang berbeda dalam festival balon ini.



Dari acara ini tentunya tidak ingin dilewatkan oleh para pengunjung yang datang, mengabadikan kunjungan mereka dgn berfoto bersama teman-teman (grofie) atau sendiri (selfie) di bawah atap hiasan yang tersusun dari ribuan balon tersebut menjadi kegiatan wajib saat sudah berada disini. Untuk mereka yang gemar berfoto atau memiliki hoby fotografi, panitia pun mengadakan stand dan booth untuk berfoto ria dengan berlatar hiasan balon-balon yang indah. Bahkan panitia juga mengadakan lomba foto terbaik bagi para pengunjung festival balon ini yang di unggah dalam akun instagram BSF Untan. Stand-stand makanan dan minuman ringan juga tampak berdiri dalam festival ini untuk dapat di nikmati oleh para pengunjung.



Panggung hiburan yang disiapkan untuk pertunjukan seni berlatar belakang hiasan botol-botol bekas yang tersusun rapi sehingga terlihat indah dan unik. Sangat kreatif, menarik, dan berbeda. Seperti yang dipaparkan oleh M. Zulfizar Ketua Panitia festival Balon ini, bahwa seni itu ada dalam diri setiap orang dan ada disekitar kita, bahkan hal yang dirasa sudah tidak berguna seperti botol bekas dapat disulap menjadi hal yang berguna dan bernilai dengan sentuhan seni.

Lanjut di ungkap oleh M.Zulfizar, melalui festival balon ini yang telah mereka siapkan hanya dengan kerjasama 30 orang panitia namun berhasil menyedot kurang lebih 2000 s.d 3000 pengunjung, dapat memberikan nuansa hiburan seni yang berbeda di kota Pontianak terutama untuk kalangan kaula muda. BSF Untan pun berkomitmen tidak hanya berhenti sampai disini saja dalam hal menyajikan hiburan seni dan festival untuk kota Pontianak, namun di kesempatan selanjutnya terutama di saat perayaan HUT BSF Untan di tahun depan juga akan mempersiapkan hiburan seni dan festival menarik lainnya.



Sahabat Pontinesia, demikian review tentang kegiatan Festival Balon Bengkel Seni Fisip Untan. Selama ini, kita mengenal adanya festival balon yang bertajuk atau berhiasan ribuan balon , hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, dan yang terkenal festival balon Wonosobo, Jawa Tengah. Namun ternyata di Kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat juga ada festival balon ini, mungkin memang tidak sebesar dan semeriah festival balon lainnya namun hal ini cukup memberikan tanda kemajuan budaya dan seni untuk sebuah ibu kota di pulau barat Kalimantan.

Kontributor




Top
Top