Berita

Berwisata, Melestarikan Budaya dan Menikmati Karya di Kampung Tenun Khatulistiwa

5 Agustus 2018



Suatu hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke suatu daerah adalah mengunjungi tempat wisatanya. Biasanya, tempat wisata yang ramai dikunjungi adalah tempat-tempat yang menyajikan keindahan alam, keunikan dan spot foto yang menarik. Tapi, berbeda dengan tempat wisata yang satu ini.

Diresmikan sejak 2017 lalu, "Kampung Tenun" yang berada di jalan Khatulistiwa, gang. Sambas Jaya, Pontianak Utara ini, harus masuk dalam list tujuan destinasi yang wajib kamu kunjungi. Karena, "Kampung Tenun" ini merupakan satu-satunya tempat yang masih melestarikan budaya menenun kain. Disini, kita akan melihat ketelitian jari-jemari perempuan-perempuan dengan keahlian menenunnya.
Di namakan "Kampung Tenun", karena mayoritas ibu rumah tangga di kampung ini, memilih mengisi waktu luangnya untuk menenun kain. Selain memanfaatkan keahlian, hal ini tentu juga akan menambah penghasilan. Ada sekitar 16 kelompok penenun disana. Walaupun baru diresmikan 2 tahun yang lalu, "Kampung Tenun" yang bermayoritaskan penduduk yang menjadikan alat tenun sebagai sumber mata pencaharian ini, ternyata sudah ada sejak tahun 2001, loh.

"Dulu, mamak saye yang mulaikan nenun disini. Saye pun sekarang membiasekan anak saye buat belajar nenun. Biar tradisi nye ndak ilang. Jadi, ye haruslah dilestarikan." ungkap Kurniawati sebagai owner dari kelompok tenun Mekar Sari di Kampung Tenun.

Tenunan yang dihasilkan oleh para penenun ini ternyata sudah di ekspor ke luar negeri juga, loh. Beberapa expo di luar Kal-Bar juga sering mengundang kelompok penenun di kampung wisata ini, untuk memerkan hasil tenunannya.
Tidak hanya melihat ketekunan para penenun, disini kita juga bisa mengikuti pelatihan menenun yang diadakan oleh beberapa kelompok penenun di kampung ini. Sekaligus, membeli kain tenun asli langsung dari penenunnya. Kain nya pun terdiri dari beragam corak khas Kalimantan Barat. Mulai dari corak khas Pontianak, Mempawah, hingga Sambas. Dan dijual dengan harga yang berbeda-beda menyesuaikan tingkat kesulitan tenunan coraknya.

Selain belajar nenun, kalian juga bisa tau sejarah penting dan menarik dari Kampung Tenun ini. Penasaran? Yok, singgah ke Wisata Kampung Tenun! (IG : @kampung_tenun)




Top
Top