Berita

Kickstart! Forum Edukasi Roketkan Semangat Jiwa Anak Muda Pontianak

23 Maret 2016


Pontianak punya beragam potensi, tidak hanya Sumber Daya Alam dan kehidupan harmonis sosial budayanya. Lebih dari itu, Pontianak saat ini telah berkembang sebagai kota yang terus maju dengan akselerasi anak mudanya. Namun tidak dipungkiri, masih banyak anak-anak muda yang punya semangat, kecerdasan, dan idealisme untuk melakukan aksi nyata ini, sering kali tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Anak muda seringkali kebingungan bagaimana mereka dapat mulai berkarya dan berkontribusi. Selain itu, mereka juga kerap merasa memiliki berbagai keterbatasan, seperti kurang modal dan kurang pengalaman. Keraguan anak muda untuk mulai berkarya ini bisa diminimalisir jika mereka mendapat kesempatan untuk belajar langsung dari contoh yang sudah ada di masyarakat, terutama dari figur lokal berprestasi yang juga berusia muda, sehingga anak muda bisa memperoleh inspirasi yang relevan dengan situasi mereka saat ini.


Berangkat dari hal tersebut, 4 orang anak muda Pontianak : Raisa Nabila, Yustina Octifanny bersama Cesy Iola Kariza dan Dede Achmad Basofi mencoba mengambil langkah inisiatif untuk membangun sebuah forum edukasi yang inklusif untuk anak muda Pontianak bernama Kickstart! Melalui branding "roket" dalam logo nya, Kickstart! seakan ingin meroketkan semangat anak-anak muda Pontianak untuk berkarya dalam berbagai bidang, memaksimalkan potensi diri yang dimulai dengan mengambil pelajaran dan inspirasi dari anak-anak muda asli Pontianak yang berprestasi dan telah melakukan aksi nyata di bidang Lingkungan, Teknologi, Kreativitas, dan Kewirausahaan.


Kickstart! telah sukses diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Maret 2016 lalu di Hotel Golden Tulip Pontianak. Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Pontianak, H. Sutarmidji, SH, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau mengatakan akan terus mendukung anak muda Pontianak untuk berinovasi melalui karya-karya kreatif. Sementara itu, dihadapan ratusan audience, Novizar Hartady (Pendiri Gerakan Senyum Kapuas), Ridho Brilliantoro (Pendiri Pontinesia.com), Akilbudi Patriawan (Finalis XXI Short Film Festival), Erly Berlianda (Pendiri Tumblr Pontianak), Asep Kurniawan (Pemilik Warung Sepatu), dan Benny Fajarai (Pendiri Kreavi.com dan Qlapa.com, Forbes 30 Under 30 Asia) mencoba untuk sharing pengalaman dari apa yang telah mereka jalani dalam bidang masing-masing.


Ketua Panitia, Raisa Nabila, menjelaskan alasan di balik pemilihan topik Lingkungan, Teknologi, Kreativitas dan Kewirausahaan dalam Kickstart!. "Topik yang kita pilih adalah topik-topik masa depan. Sesuai visi pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, perekonomian saat ini arahnya ke industri kreatif. Berbagai pihak, mulai dari institusi pendidikan hingga swasta, juga sedang menggalakkan entrepreneurship. Di sini topik Kreativitas dan Kewirausahaan menjadi sangat relevan. Sesi Teknologi hadir karena teknologi adalah enabler yang memungkinkan segala aktivitas perekonomian menjadi lebih efektif dan efisien. Kita juga tidak lupa menghadirkan sesi Lingkungan, karena pembangunan ekonomi harus berjalan beriringan dengan pelestarian lingkungan".

Beberapa kesimpulan dapat ditarik dalam forum Kickstart! ini, diantaranya: anak muda dengan segala potensi maupun keterbatasan yang ada harus berani mewujudkan ide yang dimiliki. Ide itu mahal harganya, tapi hanya sebatas ide saja tidak cukup! Perubahan lebih baik tidak pantas hanya untuk didamba, apalagi dituntut. Perubahan lebih baik harus terus diusahakan, dari apa yang kita, dari apa yang kita mampu! Let we start a good move, Pontianak!




Top
Top