Berita

5 Tips yang Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif Jalani Puasa Ramadan Ala Pontinesia

20 Mei 2018

Kontributor :
Gema Mahardhika
@gemmahardhika
Lydia Shafitri
@lydiashaf
Kontributor:
Gema Mahardhika
@gemmahardhika
Lydia Shafitri
@lydiashaf


Ramadan telah datang!

Sebentar lagi bedug adzan maghrib akan menjadi sesuatu yang paling ditunggu-tunggu. Tidak hanya niat saja loh yang harus kamu lakukan untuk berpuasa penuh di bulan Ramadan. Gimana sih caranya agar bisa tetap segar bugar saat manahan segala jenis hawa nafsu di bulan Ramadan? Yuk, simak tips ala Pontinesia untuk #ramadandipontianak berikut ini:

1. Jangan melewatkan waktu sahur
Makanlah saat sahur di akhir waktu. Selain sesuai dengan anjuran Rasulullah, pada waktu sahur juga banyak keberkahan di dalamnya. Dan jangan lupa untuk makan makanan yang sehat dan bergizi, agar bisa lebih kuat dan semangat dalam menjalankan aktivitas di siang hari. Perlu kamu ketahui, masih ada loh tradisi berkeliling untuk membangunkan tidurnya orang yang ingin sahur dengan irama teriakan "sahur...sahur.." yang diiringi gendang dan bedug oleh kelompok masyarakat sekitar di Pontianak. Untuk memastikan kamu tidak terlambat sahur, mungkin kamu bisa ikut serta dalam tradisi ini.

2. Mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan air putih yang cukup
Sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik dalam hal apapun. Jadi, cukupilah buah-buahan dan air putih sebagai asupan makanan saat sahur maupun berbuka. Karena, kandungan vitamin dan mineral yang banyak pada keduanya dipercaya ampuh untuk membuat tubuh tetap sehat dan kuat saat berpuasa seharian. Jika sudah tercukupi, kamu akan mudah untuk bersemangat saat berpuasa, walaupun sedang menghadapi teriknya matahari di bumi Khatulistiwa ini. Daaaaan, Say no to dehidrasi.

3. Olahraga itu (tetap) penting
Tidur memang lebih baik daripada melakukan hal-hal kecil yang menjerumuskan kita ke dosa yang besar. Tapi, bukan berarti kamu bisa terus tidur-tiduran. Karena, itu akan membuat tubuh menjadi semakin lemas. Yuk, manfaatkan beberapa jogging track yang ada di sekitaran Pontianak untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat berpuasa. Berolahraga dapat menambah aktivitas kamu yang membuat waktu berpuasa semakin tidak terasa. Olahraga sambil ngabuburit oke juga tuh. Karena, beberapa area jogging track di Pontianak juga punya taman sebagai tempat rekreasi dan yang pastinya sangat instagramable.

4. Hindari makanan pedas dan berlebihan
Mengontrol keinginan untuk menyantap makanan saat berbuka memang sulit. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Apalagi dengan adanya kuliner khas yang hanya dapat ditemui saat Ramadan saja. Sehingga, membuat kemeriahan Ramadan semakin terasa di kota Pontianak. Seperti "lepat lau" atau "lemang" yang berbahan dasar beras ketan. Cemilan khas Ramadan di Pontianak ini, biasa dijual di pasar juadah atau di sepanjang tepi jalan daerah sungai jawi. Lebih nikmat lagi menyantap kudapan ini dengan colekan serundeng kelapa atau rendang daging. Selain itu, juga ada "sotong pangkong" yang sangat erat dengan suasana Ramadan di Pontianak. Jajanan ini sangat cocok di jadikan cemilan setelah berbuka, tidak mengenyangkan tapi asyik dimakan dengan tambahan saus ebi, saus kacang, dan sambal terasi. Pecinta kuliner Pontianak, pasti merindukan makanan khas Ramadan ini. Tapi ingat, kurangi makanan pedas dan jangan terlalu berlebihan ya.

5. Cari berkah dengan memperbanyak sedekah
Bagilah, apa saja yang bisa kamu bagikan di bulan suci ini. Berbagi takjil, sahur on the road, dan kebaikan lain yang menjadi tradisi sekaligus agenda penting komunitas/organisasi yang ada di Pontianak. Semua kalangan berburu keberkahan Ramadan. Oleh karena itu, kamu juga harus membuka mata dan hati lebar-lebar agar lebih sadar dan peduli akan sesama di bulan suci ini. Banyak sekali loh keberkahan di bulan Ramadan. Bergabunglah dengan komunitas/organisasi positif yang sesuai dengan minatmu. Lakukanlah kebaikan sebanyak-banyaknya dengan niat dan ikhlas. Bersedekah-lah walau itu hanya sekedar senyuman.
Semoga dengan melakukan tips diatas, ibadah puasa juga bisa sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sehingga tidak hanya sehat tapi juga bisa lebih taat dalam beribadah di bulan suci ini. Jangan lupa untuk memaafkan orang-orang yang pernah menyakiti hati. Agar ibadah di bulan Ramadan tahun ini menjadi berkah dan pahala. Semangat!




Top
Top