Berita

Olah Sampah, Bagi Manfaat : Siap Berdaya Menjaga Lingkungan

16 Februari 2020


"Basmi Sampah Sejak Dini, Kalau Bukan Kita Siapa Lagi?"

Siapa saja bisa membasmi sampah jawabannya. Ya, hanya kebiasaan yang kurang peka terhadap sekitar lah yang membuat kita tidak bisa membasmi sampah. Begitu sederhananya. Semakin meningkatnya populasi manusia di dunia, semakin banyak juga aktivitas yang erat kaitannya dengan sampah. Terbukti, berdasarkan data yang didapat sebagian kecil dari dunia ini yaitu di Kota Pontianak saja menghasilkan 0.6 kg sampah perjiwa di setiap harinya. Bagaimana jika di akumulasikan di setiap wilayah di belahan dunia ini? Tak dapat dibayangkan bukan?

Sebagian orang menganggap sampah hanyalah sampah, tumpukan yang tak terpakai dan terbuang sia-sia. Tapi, sebagian lainnya menjadikan sampah sebagai tumpukkan rezeki untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ya, sampah-sampah yang ada di sekitar kita seperti botol, pembungkus makanan, kaleng, karton, kertas hingga kain bekas dijadikan sesuatu yang bermanfaat.

Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak menjadi salah satu wadah bagi masyarakat yang mau mengembangkan kreativitas dengan barang bekas melalui Bank Sampah yang ada di Kota Pontianak. Bank Sampah inilah yang juga menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarkat di Kota Pontianak. Sampah yang biasanya di tumpuk lalu dibakar, kini di olah menjadi kerjinan tangan yang bernilai tinggi harga jualnya. Sampah yang butuh waktu lama untuk terurai pun menjadi lebih berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Alangkah baiknya, jika banyak orang yang peduli sejak dini. Membuang satu butir sampah memang tak berdampak apa-apa. Tapi, itu hanyalah sementara. Bagaimana jika kita melakukan itu terus menerus setiap harinya? Percayalah, sesuatu yang kita anggap sederhana itu dampaknya luar biasa.

Jadi, mari kita biasakan menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Banyak cara menuju roma, membuang sampah pun juga banyak caranya. Bisa lewat jasa pengangkut sampah, ataupun mengantar langsung sampah yang sudah di pilah ke TPS terdekat dari rumah. Ingat, sampah sekalipun bisa bermanfaat jika diolah dengan cara yang tepat dan setiap kita punya daya untuk melakukan perubahan!









Top
Top