Berita

Pameran Produk Kreatif Disperindag Kalbar 2015

15 Juni 2015




Pada tanggal 10-14 Juni 2015 lalu bertempat di halaman kantor Disperindag Provinsi Kalimantan Barat telah digelar Pameran Produk Kreatif Daerah dengan tema "Gelar Produk UKM 2015". Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan DEKRANASDA Provinsi. Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala Disperindag Kalbar pada hari Rabu (10 Juni 2015) jam 10.00 pagi. Jam buka pameran itu sendiri dari pukul 10.00 pagi hingga jam 10.00 malam.


Pameran ini menampilkan berbagai produk unggulan dari tiap daerah kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Produk yang ditampilkan pun terdiri dari beragam jenis mulai dari olahan makanan khas, kerajinan tangan, hingga yang saat ini sedang trend yaitu batu akik. Rata-rata produk yang ditampilkan merupakan produk dari UKM atau industri skala rumahan yang dibina oleh DEKRANASDA masing-masing kabupaten/kota.


Selain fokus pada industri konvensional seperti makanan khas dan kerajinan tangan, tampaknya pemerintah daerah dalam hal ini diamanatkan kepada Disperindag juga mulai melirik sektor industri kreatif untuk dijadikan industri yang dapat memajukan suatu daerah. Salah satu bentuk keseriusan pihak pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor industri kreatif ini adalah dengan membentuk Pontianak Creative Association (PCA). PCA ini sendiri merupakan asosiasi yang fokus membina para pelaku sektor industri kreatif di Kota Pontianak.


Pada kesempatan pameran kali ini pula, PCA merangkul para pelaku industri kreatif yang ada di Pontianak untuk memamerkan produk mereka di stand PCA. Adapun beberapa komunitas kreatif yang ikut berpartisipasi dalam acara ini adalah Pontinesia, Lip Art, Poco (Pontianak Comic), Griya Cipta Studio. Lip Art merupakan komunitas kreatif yang bergerak di bidang seni menulis indah (typography). Keahlian mereka dapat di salurkan dalam media canvas dan media-media lainnya. Tidak menutup kemungkinan Kota Pontianak dapat dihiasi dengan mural-mural hasil karya mereka. Kemudian ada juga POCO (Pontianak Comic) yang merupakan komunitas komik di Pontianak. Tidak hanya sekedar mengoleksi komik, mereka juga berkarya dengan memproduksi komik sendiri. POCO sendiri juga telah menerbitkan edisi komik yang khusus mengangkat tema Pontianak baik dari sisi cerita maupun latar gambarnya.




Top
Top