Berita

Papon The Explorer: Edukasi Pariwisata Lokal Pontianak Melalui Permainan Digital

18 Desember 2020

Kontributor :
Yemima Ceria
@yemimaceria
Kontributor:
Yemima Ceria
@yemimaceria

Kita semua tahu bahwa Indonesia memilki banyak sekali kota destinasi pariwisata yang berpotensi untuk mendatangkan wisatawan asing dari berbagai macam daerah, baik itu dari dalam maupun luar negeri. Tidak terluput juga Kota Pontianak. Tapi, sejauh mana kita sebagai masyarakat Kota Pontianak mengetahui tentang destinasi pariwisata yang ada di kota kita sendiri?
Papon The Explorer hadir untuk berkontribusi meningkatkan citra pariwisata Kota Pontianak lewat permainan digital yang dikemas secara menyenangkan dan juga mengedukasi para gamers. Tidak hanya bermain, pengguna juga dapat belajar tentang pariwisata Kota Pontianak dengan menjawab pilihan benar atau salah pada setiap pertanyaan yang muncul sembari pengguna memainkan Papon The Explorer.
ěKarena permasalahan pada awalnya adalah kenapa orang Indonesia tidak tahu dengan Indonesia? Jadi kami mempersiapkan orang-orang di Indonesia terlebih dahulu untuk bisa siap kedatangan wisatawan asing,î ujar Dimas Apriyandi selaku CEO dari Papon.id. Dalam hal ini, Dimas ingin masyarakat Kota Pontianak lebih lagi mengenal pariwisata yang terdapat di kotanya sendiri, yaitu dengan menghadirkan permainan berlatar belakang destinasi wisata yang terdapat di Kota Pontianak.
Permainan yang menggunakan hewan orang utan sebagai ikon utamanya ini juga diharapkan menjadi sebuah edukasi baru di masyarakat akan hewan yang berasal dari Pulau Kalimantan. ěKalau kanguru dan panda kan sudah identik dengan negara tertentu, tapi tidak banyak yang tahu kalau orang utan itu berasal dari Indonesia, tepatnya Pulau Kalimantan,î ungkapnya saat ditemui pada Kamis (12/11). Ia juga berharap agar lewat permainan ini dapat menumbuhkan antusiasme dan rasa bangga masyarakat untuk belajar tentang pariwisata Kota Pontianak melalui teknologi dan permainan digital.

Papon The Explorer sudah tersedia di Play Store dan menyasar pengguna pada rentang usia remaja,13 ń 17 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk dimainkan oleh orang-orang dewasa. Sebagai sebuah startup, tim Papon.id saat ini juga tengah mengikuti Program Inkubasi oleh Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura untuk mematangkan model bisnis dan memvalidasi marketnya. Yok! Dukung Games Lokal, Karya Budak Pontianak!




Top

Tentang Kami

Pontinesia adalah Online Media dan Local Directory yang berisi tentang
keberagaman potensi lokal dan dokumentasi digital Kota Pontianak.
Dari Pontianak Untuk Indonesia

Hubungi Kami

     
kerjasama, promo, dll.
hello@pontinesia.com
© 2014 - 2021