Berita

Pontianak Digital Week 2016, Event Digital dan Sosial Media Pertama di Pontianak

7 Agustus 2016


Pontianak Digital Week adalah sebuah event yang diadakan oleh Pontianak Digital Stream. PDW adalah event digital dan sosial media pertama di Pontianak dan Kalimantan Barat. Pontianak Digital Week merupakan sebuah inisiatif lokal yang akan membahas bagaimana kekuatan teknologi dan sosial media mampu termanfaatkan dengan baik di masyarakat, membuat perubahan yang berarti dan kehidupan yang lebih produktif dan efisien. Lebih dari sekedar sebuah event sosial media, Pontianak Digital Week akan mengusung format event yang komprehensif seperti Professional Talk, Startup Exhibition, Coaching Clinic dll. Tema besar kami adalah Pemanfaatan Digital dan Sosial Media untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.

Harapannya adalah Pontianak Digital Week dapat menginspirasi berbagai stakeholder yang ada di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya untuk dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia yang lebih baik, mulai dari mengubah cara manusia dalam berinteraksi dan berkarya secara positif mulai dari pemasaran produk atau komunikasi, beropini, bahkan sampai menyelamatkan manusia serta kebijakan pemerintah. Event ini akan diadakan selama 5 hari, yang akan dimulai dari tanggal 9 Agustus hingga 13 Agustus 2016 bertempat di Canopy Center Jl. Purnama 2, Pontianak.

Professional Talk merupakan sesi coaching clinic dimana peserta akan diberikan materi yang cukup intens selama satu jam yang akan diisi oleh expert di bidangnya masing-masing. Harapan dari sesi ini adalah ilmu yang didapat dapat langsung di praktekkan di dunia professional. Dalam sesi ini PDW mengundang Tamu Spesial, Walikota Pontianak Bpk. Sutarmidji, SH.,M.Hum yang akan menceritakan tentang perjalanan Pontianak dalam mewujudkan Pontianak Smart City. Kemudian juga mengundang Pembicara Utama, Bpk. Prof. Dr. Suhono H. Supangkat sebagai Penggagas Ide Smart City di Indonesia.

Local Startup Gallery merupakan sebuah talkshow interaktif antara narasumber dari founder Startup Lokal dan target market event ini dengan dipandu oleh moderator. Dalam talkshow ini, narasumber akan menjelaskan tentang proses membuat dan membangun sebuah startup hingga benar-benar berjalan dan dapat memecahkan sebuah masalah dari solusi yang mereka temukan melalui produk digital yang mereka buat.

Online Shop Session merupakan sebuah talkshow interaktif yang diisi oleh praktisi bisnis online lokal yang juga membuat produk di Kota Pontianak dan mengembangkan bisnisnya lewat jalur online. Narasumber juga akan membahas tentang kendala yang dihadapi dalam berjualan di dunia online, serta tips dan trik agar produk yang dijual di dunia online ini bisa laris.

Social Media Community Meetup merupakan temu komunitas sosial media yang dibalut dengan bincang-bincang dan perkenalan komunitas itu sendiri, bagaimana akhirnya bisa membuat sebuah komunitas yang digerakkan oleh sosial media dan cara membangun komunitas itu sendiri hingga bisa meraih banyak anggota.

Content Maker MeetUp merupakan talkshow interaktif yang menghadirkan content maker alias pembuat konten digital yang handal di masing-masing spesialisasinya. Seperi film maker, social media content, dll. Di sesi ini narasumber akan memberikan tips mengenai pembuatan konten yang baik dan disukai oleh audiens di dunia digital. Mereka juga akan menjelaskan strategi agar channel yang dibuat bisa menjadi konten yang viral.


Selain itu di Pontianak Digital Week 2016 ini juga akan dijadikan event launching Social Media Channel resmi milik Pemerintah Kota Pontianak yang dimana ini adalah bagian dari program Pontianak Smart City yang dicanangkan oleh Bapak Sutarmidji, SH.,M.Hum. Kemudian selain event-event diatas, Pontianak Digital Week 2016 bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pontianak juga akan mengadakan Sayembara Logo dan Branding Kota Pontianak dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Kegiatan sayembara ini juga merupakan bagian dari program Pontianak Smart City, dimana diperlukan adanya identitas dan ciri khas yang dimiliki oleh Kota Pontianak khususnya dalam hal pariwisata dan nilai brand yang berdampak bagi Pontianak itu sendiri. Dan satu lomba lagi yang akan diadakan oleh Pontianak Digital Week 2016 adalah Lomba E-Poster "Ayo Ke Pontianak" dengan hadiah total jutaan rupiah dan diperuntukkan oleh siapapun warga Kota Pontianak.


Tujuan dari acara Pontianak Digital Week ini adalah dapat menginspirasi berbagai stake holder yang ada di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya untuk dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia yang lebih baik, mulai dari mengubah cara manusia dalam berinteraksi dan berkarya secara positif mulai dari pemasaran produk atau komunikasi, beropini, bahkan sampai menyelamatkan manusia serta kebijakan pemerintah.

RUNDOWN ACARA PONTIANAK DIGITAL WEEK 2016

Sumber: pontianakdigitalstream.id




Top
Top