Berita

Gelar Pesona Kulminasi Matahari, Pontianak Hadirkan Beragam Acara dan Fasilitas Wisata

21 Maret 2017


Foto: @yudapratamausma

Bukan tanpa alasan jika Kota Pontianak yang dilintasi garis lintang nol derajat, populer dengan sebutan Kota Khatulistiwa. Pasalnya, setiap dua kali sepanjang tahun, ada peristiwa unik yang di Indonesia, hanya terjadi di Pontianak. Ya, fenomena Kulminasi Matahari yang terjadi pada bulan Maret dan September ini menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran, ratusan masyarakat maupun wisatawan lokal maupun mancanegara tumpah ruah dan rela menantang terik matahari.

Ketika kulminasi, bayangan benda disekitar Tugu Khatulistiwa Pontianak seakan menghilang. Selain itu, telur ayam yang memiliki struktur oval, dapat berdiri tegak beberapa saat tepat peristiwa kulminasi tersebut. Kulminasi matahari merupakan fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu, posisi Matahari tepat berada di atas kepala sehingga bayangan benda-benda di permukaan bumi tidak tampak. Fenomena kulminasi serupa bisa ditemui juga di belahan benua Afrika, seperti: Gabon, Zaire, Uganda, Kenya, dan Somalia. Sementara itu, di Amerika Latin, kulminasi juga terjadi di Ekuador, Peru, Columbia dan Brazil.
Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata mengemas fenomena unik ini dalam event bertajuk Pesona Kulminasi Matahari. Event ini yang dikemas dalam bentuk festival ini semakin menarik dengan pertunjukan bernuansa sains. Detik-detik kulminasi matahari diketahui melalui sebuah alat deteksi kulminasi berupa besi bulat sepanjang dua meter yang dihubungkan dengan dua rangkap kaca cembung. Alat ini berfungsi menangkap sinar matahari dalam satu titik yang panasnya mampu menyulut sumbu mercon.

Pesona Kulminasi Matahari Pontianak ini tidak hanya menampilkan pertujukan sains, tetapi juga menampilkan pertunjukan budaya, baik tari, musik maupun kuliner khas Kota Pontianak. Tak ketinggalan, pertunjukan sulap juga akan memeriahkan festival ini. Ada pula Pameran Fotografi Pontianak yang menampilkan karya-karya foto terpilih dari lomba yang telah diadakan beberapa waktu lalu. Selama festival, juga digelar Lomba Foto Selfie yang dapat diikuti para pengunjung. Foto diupload ke facebook DISPORAPAR PONTIANAK dengan hastag #pesonakulminasimatahari
Satu lagi yang unik dari Pesona Kulminasi Matahari 2017 kali ini adalah selama acara, akses menuju Tugu Khatulistiwa dapat menggunakan Kapal Wisata dari Taman Alun Kapuas Pontianak. Tentu event ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung menikmati salah satu fenomena unik di dunia, Kulminasi Matahari di Pontianak.

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi perpaduan beragam wisata lokal Pontianak dalam balutan event Pesona Kulminasi Matahari, silahkan kunjungi, saksikan dan jangan lewatkan event terbaik Kota Khatulistiwa ini. Yok!

Informasi Event:
Pesona Kulminasi Matahari
Selasa-Kamis, 21-23 Maret 2017 / Pukul 08.00 - 18.00 WIB
Kawasan Tugu Khatulistiwa (Khatulistiwa Park) Pontianak




Top
Top