Berita

Liputan Acara Pesona Kulminasi di Kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak

23 Maret 2015





Saat Kulminasi Matahari ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak selalu mengadakan event bertajuk Pesona Kulminasi Matahari. Event ini menarik karena dikemas dengan pertunjukan yang bernuansa sains. Berdiri tanpa bayangan, mercon yang menyala hanya dengan sinar matahari, dan telur yang berdiri tegak tanpa bantuan alat apapun adalah beberapa fenomena sains yang terjadi saat kulminasi ini.


Kawasan Tugu Khatulistiwa sendiri saat ini sedang bersiap-siap berbenah diri. Landmark Kota Pontianak peninggalan Belanda ini akan dibuat makin keren! Di sekitar kawasan Tugu Khatulistiwa kita bisa melihat planning pembangunan. Hal ini agar Tugu Khatulistiwa tidak terasa membosankan dan diharapkan bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan, terutama dari Pontianak sendiri.


Kulminasi matahari ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan asing tak terkecuali dari negara tetangga sendiri yaitu Malaysia. Perwakilan dari Jabatan Mufti Negeri Sarawak ini membawa alat yang namanya Tongkat Istiwa. Dengan alat ini, mereka mencatat posisi bayangan dan waktu saat bayangan itu terbentuk. Saat puncak kulminasi, bayangan tersebut akan hilang. Menurut mereka, tongkat ini juga bisa digunakan untuk menentukan waktu sholat, lho. Saat ditanya mengenai fenomena telur berdiri tegak, mereka menyatakan bahwa hal itu berkaitan dengan medan magnet yang kuat saat terjadi kulminasi




Top
Top