Berita

Puncak Perayaan Hari Jadi Kota Pontianak ke-246 Semakin Meriah dengan Pontianak Berjepin

25 Oktober 2017



Ribuan masyarakat Pontianak dari berbagai kalangan dan profesi ikut ambil bagian dalam Pontianak Berjepin. Berbusana khas Melayu, Telok Belanga, Baju Kurung dipadu kain khas corak insang, para peserta terlihat antusias Berjepin dengan diiringi lagu Kote Pontianak. Tak ketinggalan, Walikota dan Wakil Walikota Pontianak beserta jajaran pejabat maupun tamu undangan turut larut dalam irama Jepin.


Event yang untuk pertama kali dilaksanakan tahun ini tersebut digelar di depan Kantor Walikota, usai upacara Peringatan Hari Jadi Kota Pontianak (Senin, 23 Oktober 2017).
Foto: @catur_prasetyo_s

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani menyampaikan bahwa gagasan awal Pontianak Berjepin ini adalah upaya pelestarian budaya Melayu di Pontianak sebagai salah satu warisan budaya non-benda. Harapannya, melalui event ini bisa semakin meningkatkan eksistensi jepin di tengah masyarakat.
Foto: @catur_prasetyo_s

Demi kesuksesan Pontianak Berjepin, Pemkot bekerjasama dengan Sanggar untuk mengaransemen lagu dan gerakan tari sehingga komposisi tarian Jepin dapat mudah diikuti oleh siapa saja. Beberapa minggu sebelum Pontianak Berjepin ini, berbagai instansi turut menggelar latihan menari Jepin bersama.
Foto: @catur_prasetyo_s

Event budaya ini semakin menyemarakkan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Pontianak. Kedepannya, diharapkan warisan budaya ini dapat terus lestari, menjadi bagian dari kesantunan adat budaya Melayu Pontianak.




Top
Top