Berita

Pontianak Command Center, Ruang Pusat Kendali untuk Monitoring Kota Pontianak

29 Agustus 2016


Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah menyiapkan ruang pusat kendali yang dinamai Pontianak Command Center (PCC). Ruang yang terletak bersebelahan dengan ruang kerja Wali Kota Pontianak ini akan dilengkapi dengan berbagai perangkat IT yang terintegrasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Pontianak serta terkoneksi dengan aplikasi-aplikasi layanan bagi masyarakat yang sudah disiapkan.

"Melalui ruang PCC inilah Pemkot bisa melihat dan memantau seluruh Kota Pontianak dan sekitarnya serta menyelesaikan permasalahan kota," ujar Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Y Trisna Ibrahim usai memaparkan teknis operasional PCC di ruang kerja Wali Kota Pontianak, Kamis (18/8/2016).

Melalui PCC ini juga banyak hal atau konten-konten yang akan dimasukkan untuk mendukung pelayanan bagi masyarakat. Bahkan, pihaknya akan mengembangkan sebuah aplikasi yang dinamai e-lawar (laporan warga). Melalui aplikasi yang berbasis android dan iOS ini, warga bisa melaporkan hal-hal berkaitan dengan permasalahan kota.

Adapun mekanismenya, warga terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui aplikasi itu dengan menggunakan email dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah mendaftar, warga bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan memilih tombol sesuai dengan permasalahan yang akan dilaporkan.

Misalnya seorang warga ingin melaporkan adanya sampah di satu lokasi, cukup menekan tombol 'sampah', kemudian mengirimkan foto di mana sampah itu ada serta memberikan deskripsi. Dalam hitungan detik, laporan itu akan masuk ke dashboard yang ada di ruang PCC dan diterima oleh operator admin. Operator admin yang menerima laporan tersebut, meneruskan laporan warga ke OPD terkait dalam hal ini Dinas Kebersihan. Oleh operator di OPD Dinas kebersihan akan mengirim petugas ke lapangan. "Standar Operasional Prosedur (SOP) harusnya dalam hitungan menit harus sudah ditangani petugas terkait. Petugas selesai mengerjakan tugasnya, kemudian difoto situasi terbaru dan mengirimnya ke dashboard dan dari dashboard akan mengirim ke warga bahwa laporannya sudah ditangani," papar Trisna.

Selain itu, fungsi Command Center ini juga sebagai pusat integrasi data. Selama ini, sistem-sistem aplikasi yang dibangun OPD masih bersifat sektoral atau berjalan masing-masing. Namun dengan keberadaan Command Center ini nantinya semua data dari berbagai OPD akan terintegrasi. "Misalnya BKD perlu NIK pegawai, tinggal mengambil data dari Dukcapil," terang mantan Camat Pontianak Timur ini.

Tak kalah pentingnya, melalui Command Center ini juga dapat memantau kondisi yang rawan dari tindak kejahatan atau kriminal di Kota Pontianak. Pihaknya akan melakukan integrasi dengan CCTV kepolisian. Masih dalam aplikasi, akan disediakan panic button atau tombol panik, yakni tombol yang digunakan saat warga mengalami situasi darurat misalnya menjadi korban tindak kejahatan perampokan atau lainnya. "Operator akan mengirimkan sinyal secara cepat ke pihak kepolisian sehingga begitu ada kasus kejahatan, polisi bisa bertindak cepat," imbuhnya.

PCC ini akan beroperasi 24 jam dengan operator yang bertugas terbagi dua shift. SDM-nya berasal dari aparatur Pemkot yang berlatar pendidikan IT serta dari kalangan profesional dari luar, misalnya dari komunitas penggiat IT dan sebagainya. Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, keberadaan PCC ini merupakan merupakan wujud dari transparansi dalam tata kelola pemerintahan. Termasuk mengajak masyarakat ikut berperan serta dalam mengawasi kegiatan pembangunan di Pontianak. "Sehingga bisa cepat merespon apapun yang ditemukan masyarakat di lapangan terkait kegiatan pembangunan itu," tuturnya.

Ruang yang terletak di lantai II Kantor Wali Kota itu pula akan menjadi pusat data-data satu pintu. Data-data tentang Kota Pontianak akan disiapkan di ruangan tersebut. Dengan data-data melalui satu pintu itu, ia memastikan tidak ada duplikasi data selain yang dikeluarkan oleh PCC. "Sehingga data-data itu melalui satu pintu dan tidak ada duplikasi data. Jangan sampai orang minta data tentang pendidikan di Bappeda, Diknas dan lainnya. Nanti hanya ada satu keluaran data yakni melalui Pontianak Command Center," tukasnya.

Ia menargetkan tahun ini PCC sudah bisa dioperasikan. Ruangan tersebut hanya tinggal melengkapi peralatan-peralatan termasuk layar monitor. Untuk aplikasi sudah disiapkan dan akan diintegrasikan. "Tidak terlalu banyak lagi yang harus dipersiapkan, tetapi kita harus perluas lagi ruangannya karena harus ada ruang untuk server yang cukup besar dan ruang monitor," pungkasnya.

Sumber: pontianakkota.go.id




Top
Top