Berita

Pontianak Digital Stream (PDS), Wadah Penggiat IT Lokal untuk Mewujudkan Ekosistem Digital

24 April 2016


Pada Sabtu, 23 April 2016 bertempat di Khatulistiwa Ballromm Hotel Best Western Kota Baru Pontianak telah diadakan launching Pontianak Digital Stream (PDS). Acara ini dihadiri dari berbagai kalangan mulai dari para pelaku IT di Pontianak, Akademisi, Swasta, dan beberapa undangan lainnya. Perwakilan dari Pemkot Pontianak sendiri dihadiri oleh Walikota Pontianak Bapak H. Sutarmidji, S.H., M.Hum serta Wakil Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT.

Acara dibuka oleh pemaparan dari Bapak Walikota Pontianak tentang potensi dan perkembangan yang dimiliki kota Pontianak. Beliau sangat menyambut positif dengan wadah ataupun organisasi seperti ini. Ditambahkannya, dengan SDM yang masih muda dan bersemangat diyakininnya akan mampu membawa Kota Pontianak semakin maju khususnya dari bidang Teknologi Informasi.

Setelah itu, penyampaian materi dilanjutkan oleh Letjen TNI (Purn) Prof.Dr.Syafrudin Tippe, M.Si. selaku Pelindung dari PDS ini. Beliau menyampaikan materi sesuai bidang keahliannya yaitu Ancaman dan Pertahanan. Di zaman modern sekarang, bentuk acaman tidak hanya datang secara konvensional tapi juga secara digital. Cyber Security menjadi hal krusial yang harus mulai dibangun dari setiap negara.

Acara selanjutnya yaitu penandatanganan MoU antara Pihak PDS dengan Pemkot Pontianak sebagai bentuk kerjasama antara kedua belah pihak. Adapun beberapa inisiasi awal dari bentuk kerjasama tersebut adalah mengajak PDS dalam membangun ekosistem digital di Pontianak dan perencanaan Pontianak Smartcity, branding logo & tagline Kota Pontianak, serta Redesign Website pontianakkota.go.id.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Harry Saputra, selaku Director dari Pontianak Digital Stream. Beliau memberikan penjelasan apa sebenarnya PDS itu, visi dan misi yang ingin dicapai, serta program kerja yang akan dilakukan selama satu tahun kedepannya. Pontianak Digital Stream (PDS) adalah perkumpulan yang merupakan wadah bagi warga Pontianak dan Kalimantan Barat, terutama penggiat TI lokal yang ingin bergotong-royong mewujudkan ekosistem teknologi informasi dan Smart City di Pontianak dan Kalimantan Barat. Dengan adanya wadah ini, diharapkan dapat mendukung kemajuan suatu kota dari sisi teknologi informasinya. Karena di dalam wadah ini nantinya akan dikelola bagaimana para penggiat IT yang terdiri dari berbagai macam bidang keahlian dapat bersinergi dan berkontribusi positif dan nyata bagi Kota Pontianak.

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Walikota Pontianak tentang branding kota. Beliau menjelaskan apa makna dari branding suatu kota serta pentingnya dan manfaat dari hal tersebut. Branding suatu kota merupakan segala macam usaha yang dilakukan untuk mengubah makna kota dari suatu bentuk lokasi menjadi tujuan yang layak dikunjungi. Beliau juga menyampaikan makna dari hastag #sayepontianak dan mengajak para warga Pontianak untuk menggunakannya sebagai bentuk digital campaign untuk menunjukan kecintaan terhadap Kota Pontianak. Untuk logo promosi Kota Pontianak sendiri nantinya akan diadakan sayembara atau lomba bekerjasama dengan PDS.

Peluncuran website PDS merupakan rangkaian akhir dari kegiatan ini. Website ini nantinya akan dijadikan sebagai pusat informasi dari PDS untuk berinteraksi dengan siapa saja yang membutuhkan data dan informasi tentang PDS. Kedepannya, akan diadakan event penjaringan bagi warga Pontianak yang ingin berkontribusi bagi kotanya. Pantau terus website http://pontianakdigitalstream.com/ untuk mendapatkan update terbaru tentang kegiatan dan informasi yang akan diadakan.




Top
Top