Berita

Pontianak Melawan Asap : Lindungi Diri, Lingkungan dan Semesta

10 OKtober 2019


Asap yang melanda Pontianak selama hampir 2 bulan usai sudah. Dua pekan ini Pontianak diguyur hujan dengan intensitas rendah sampai deras. Beberapa titik api yang berpotensi terbakar pun mendekati posisi aman dari kebakaran lahan gambut.

Tapi, walaupun langit sudah cerah, bayang-bayang asap bagi sebagian penduduk Pontianak masih sulit hilang. Maklum, dari tahun ke tahun, ini jadi permasalahan bersama bagi kita, warga Pontianak.

Kelas-kelas akademis pun turut mencari solusi terbaik untuk masalah langganan ini. Ada yang berhasil, ada yang belum. Lagi-lagi, selagi menanti jalan keluar dari keadaan ini, ada satu solusi konkrit sebelum itu semua dilakukan: hujan.

Dan hujan, pada akhirnya menjadi muara dari secuil harap untuk hidup yang lebih baik, di tengah kontradiksi-konspirasi semesta, hiruk pikuknya serta upaya manusia yang berusaha mengobati tanah dan langit Khatulistiwa!

Kita yang mengeluhkan asap dari rumah, atau mungkin berharap juga punya jatah libur seperti murid sekolah, boleh jadi perlu melihat sekitar. Ada mereka yang masih siap sedia berjaga di wilayah rawan api, ada rekan-rekan DAMKAR yang tanpa pamrih, menumpang menginap di rumah warga, serta kesulitan mencari sumber air.

Tentu tak ada yang bisa leluasa menerima kondisi alam Khatulistiwa saat ini. Setidaknya, kita bersama hadapi ini, dengan doa dan sebaik upaya. Bersama #MelawanAsap! Lindungi diri, lingkungan dan semesta ini.







Top
Top