Berita

Kota Pontianak Raih Dua Penghargaan Sekaligus, Inovasi Administrasi Negara (IAGARA) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik Nasional Tahun 2017

8 Agustus 2017


Foto: @yodirismana

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kembali menorehkan prestasi. Kali ini mendapat penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia. Penghargaan itu diberikan langsung Kepala LAN RI, Adi Suryanto kepada Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, di Jakarta, Senin (7/8/2017).


Dijelaskan dia, untuk inovasi banyak sudah dilakukan Pemerintah Pontianak. Tujuannya untuk mengubah perbaikan dalam tata kelola pemerintahan di daerah. Dari inovasi itu, pemkot juga menjadi role model di Indonesia. Konsistennya Pemkot, lanjutnya, dalam melakukan inovasi sudah banyak. Inovasi yang dilakukan diantaranya BP2T, Dukcapil, RS Pontianak, pelabuhan dan beberapa lainnya. Maka dari itu, kita ditetapkan sebagai kota konsisten inovasi.
Foto: @andyarazor

Inovasi yang diberikan itu tidak dari top down melainkan bottom up. Artinya, ide kreatif ini datang dari pimpinan dan jajaran Pemerintah Pontianak. "Intinya dari inovasi yang dilakukan untuk mempermudah pelayanan publik, memberikan efisiensi dalam semua hal. Sehingga ada percepatan dalam perijinan, kemudahan dalam perijinan. Evaluasi ini," tuturnya. Dengan keberhasilan ini, ke depan Midji mengajak untuk tidak berhenti berinovasi. Berkat banyaknya inovasi, Pontianak kini level persepsi korupsi Kota Pontianak berada di zona biru dan hijau. "Ini menunjukkan inovasi yang dilakukan berjalan efektif," katanya.
Foto: @andyarazor

Selain itu beberapa waktu yang lalu pula, Kota Pontianak kembali menyandang predikat sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik Nasional yang ketiga kalinya untuk Kawasan Timur Indonesia. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kepada Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mewakili Kota Pontianak di Jakarta, pada Kamis (27/7/2017).

Pemberian penghargaan berdasarkan tiga kategori wilayah, yakni Sumatera, Jawa dan Kawasan Timur Indonesia. Hal yang paling membanggakan, lanjut Sutarmidji, pada acara penganugerahan itu, Wakil Wali Kota Pontianak yang mewakili penerimaan penghargaan, diminta Presiden Jokowi untuk menjelaskan kiat-kiat yang dilakukan Kota Pontianak dalam mengendalikan inflasi daerah. "Artinya, dalam berbagai sektor tata kelola pemerintahan, Kota Pontianak selalu tampil menjadi yang terdepan. Ini harus dipahami oleh masyarakat Pontianak sebagai suatu kebanggaan karena Pontianak dikenal dengan berbagai prestasi yang diraih," tuturnya.

Sumber: pontianakkota.go.id




Top
Top