Berita

Produk Digital Sebagai Pendukung Mewujudkan Pontianak Smart City

27 November 2015




Cita-cita Kota Pontianak menjadi salah satu kota cerdas (Smart City) di Indonesia semakin dekat dengan terbukanya peluang dan akses yang mendukung terbangunnya ekosistem Smart City tersebut. Kota cerdas merupakan kota yang aman dan nyaman yang pengembangannya didukung dengan teknologi dalam tata kelola. Selain itu, ekosistem ini juga harus didukung oleh masyarakat kota itu sendiri. Tiga karakteristik utama sebuah kota cerdas mencakup ekonomi, sosial dan lingkungan dan tiga karakteristik pendukungnya mencakup teknologi informasi dan komunikasi (TIK), orang atau masyarakat yang cerdas dan tata kelola pemerintahan.

Baca Juga : Pontianak Masuk 15 Besar Kota Cerdas se-Indonesia

Penggunaan dan pemanfaatan IT di Kota Pontianak bukan merupakan hal baru dalam menunjang tata kelola. Informasi terkait pelayanan publik, investasi, pendidikan, kesehatan, cukup membuka website resmi Pemerintah Kota Pontianak (http://pontianakkota.go.id). Pemkot juga telah meluncurkan layanan perizinan terbadu secara online (http://bp2tpontianak.com) tepat pada momen Hari Jadi Kota Pontianak ke-244. Tidak hanya itu, berbagai produk digital seperti Web & Mobile Apps telah dikembangkan secara independen oleh masyarakat kota.

PT. Telkomunikasi Selular (Telkomsel) yang merupakan pelopor teknologi komunikasi seluler di Indonesia, juga turut mengambil peran dalam mendukung ekosistem Smart City Pontianak. Telkomsel Branch Pontianak baru-baru ini juga telah memperkenalkan berbagai produk aplikasi digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Pontianak, diantaranya M2M Automotive (T-Drive, T-Bike), M2M Utilities (Smart Metering, Smart Home, Smart Office) dan M2M Finance (e-accounting, EDC). M2M merupakan singkatan dari Machine to Machine dimana teknologi tersebut memungkinkan terjadinya komunikasi antar perangkat keras (hardware).


Perkenalan produk tersebut dilaksanakan dalam gelaran Focus Group Discussion (FGD) Smart Business with M2M Telkomsel pada hari Selasa (24/11/2015) di Meranti Room-Hotel Mercure Pontianak. Dalam FGD tersebut, selain Ceremonial Trial 'T-Drive' bersama komunitas, dilaksanakan pula penandatanganan MoU antara Telkomsel dengan Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat berkaitan dengan aplikasi Kartu Petani Indonesia. Produk Kartu Petani ini merupakan produk yang dirancang dan diaplikasikan untuk memudahkan para petani di Kalimantan Barat dalam mendapatkan pupuk dan kebutuhan tani lainnya secara mudah, tepat waktu dan efisien. Saat ini, Telkomsel Branch Pontianak didaulat sebagai pilot project pertama aplikasi Kartu Petani Indonesia.


Kedepannya, Telkomsel Branch Pontianak juga membuka akses dan peluang bagi para pengembang aplikasi lokal di Pontianak yang ingin mengembangkan produk-produk digital yang dapat memecahkan masalah real perkotaan Pontianak. Melalui produk-produk digital solution tersebut, cita-cita Pontianak sebagai The Best Smart City in Indonesia perlahan namun pasti akan segera terwujud dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Pontianak.

Go Smart City Pontianak!


Berita Lainnya
Urbanisme Warga, Mendayagunakan Kreativitas Membangun Pontianak
Liputan Event Lomba Hackathon Merdeka 2.0 di Kota Pontianak
Pontianak Masuk 15 Besar Kota Cerdas
se-Indonesia



Top
Top