Berita

Sambut Lebaran, Pemkot Pontianak Buka Akses Duplikasi Jembatan Landak

11 Juni 2019


Foto: Humas Kalbar

Duplikasi Jembatan Landak yang mulai dibangun sejak tahun 2017, kini mulai bisa difungsikan berdekatan dengan momen hari raya Idul Fitri 1440 H / 2019 M. Jembatan Landak sebagai penghubung antara Kecamatan Pontianak Timur dan Pontianak Utara menjadi jalur transportasi yang krusial bagi masyarakat Kota Pontianak, karena juga berfungsi sebagai jalur akses keluar kota.

Duplikasi ini telah difungsikan sejak hari Rabu (29/5/2019) pukul 06.00 - 19.00 WIB. Untuk tahap awal, fasilitas ini hanya dibuka untuk satu arah, yakni dari arah Pontianak Timur menuju Pontianak Utara dan dikhususkan untuk jalur lalu lintas kendaraan roda dua atau sepeda motor.

"Jadi Jembatan Landak yang baru sudah bisa dilewati khusus kendaraan roda dua atau sepeda motor dari arah kota (Pontianak Timur) ke arah Pontianak Utara," jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak, Utin Sri Lena Candramidi. Sedangkan dari arah luar kota atau Pontianak Utara ke arah kota atau Pontianak Timur, lanjutnya, tetap harus melewati Jembatan Landak yang lama. "Jembatan Landak yang baru hanya khusus untuk sepeda motor atau kendaraan roda dua dari arah Pontianak Timur ke Pontianak Utara saja," tegasnya lagi.

Menurut Utin, kebijakan ini diambil sebagaimana surat yang dilayangkan Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Pelaksana Jalan Nasional XX Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, nomor PS.02.02-Bb20/331 tanggal 27 Mei 2019. "Hal ini dikarenakan dengan pertimbangan kondisi akses menuju Duplikasi Jembatan Landak yang masih terbatas dan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan saat melewati Jembatan Landak," pungkasnya.

Yok, anak mude Pontianak! Jaga bersama hasil pembangunan kota. Dan dengan meningkatnya fasilitas infrastruktur ini, bisa meningkatkan pula kualitas hidup dan perekonomian di Kota Khatulistiwa tercinte.

Referensi : https://www.pontianakkota.go.id/




Top
Top