Berita

Sotong Pangkong : Keunikan Cita Rasa Kuliner Khas Pontianak dan Fenomena Bisnisnya Selama Ramadan

10 Juni 2018

Kontributor :
Gema Mahardhika
@gemmahardhika
Lydia Shafitri
@lydiashaf
Kontributor:
Gema Mahardhika
@gemmahardhika
Lydia Shafitri
@lydiashaf


Menyemaraki bulan Ramadan dengan berbagai tradisi yang dilakukan hanya setahun sekali ini adalah sebuah hal yang selalu dinanti. Terutama oleh kalangan masyarakat yang merindukan #RamadandiPontianak. Banyak hal yang hanya ada saat bulan Ramadan. Salah satunya, kuliner khas Pontianak yang ramai penikmatnya saat bulan Ramadan. Makanan itu adalah sopang alias sotong pangkong.
Penggunaan bahasa melayu dalam menu ini, semakin membuat khas rasa nya selalu dirindukan perantau. Sotong alias cumi yang telah di keringkan adalah bahan utama dari santapan khas Ramadan di Pontianak ini. Cara penyajiannya yang unik lah yang membuat makanan ini sukar ditemukan di daerah lain. Sebelum di santap, sotong kering ini di bakar lalu di pangkong (ditempa menggunakan palu). Santapan pun semakin lezat dengan beberapa jenis sambal yang di sediakan. Diantaranya sambal dengan cita rasa ebi, kacang juga pedas asam.


Kenapa sih sopang ramai peminatnya hanya saat bulan Ramadan?

Salah satu alasannya adalah banyaknya sanak keluarga, perantau maupun pelancong yang sekedar singgah atau mengunjungi kerabat di Pontianak untuk mempererat tali silaturahmi dibulan nan suci. Tentunya, mereka juga ingin merasakan suasana Ramadan di bumi Khatulistiwa ini dengan mencicipi kuliner khas nya yaitu sotong pangkong. Alasan ini juga-lah yang membuat mayoritas pedagang memilih untuk menjual sopang saat menjelang Ramadan hingga beberapa minggu di hari raya Idul Fitri.

"Selain mendapatkan berkah, saya juga bersyukur di bulan Ramadan ini bisa membuat usaha kecil yang dapat membantu perekonomian keluarga, setidaknya dengan berjualan sopang saya bisa menambah pemasukkan untuk kebutuhan sehari-hari terutama keperluan lebaran," ujar salah satu pedagang.
Disepanjang jalan Merdeka Barat, kamu bisa langsung melihat pemandangan cumi kering disamping kiri dan kanan bahu jalan. Kamu bisa langsung memilih dimana tempat ternyaman untuk mencicipi sopang sambil menikmati waktu santai. Dengan kisaran harga Rp20.000-80.000 kamu bisa langsung mendapatkan sopang dengan ukuran yang berbeda dan pastinya sesuai dengan harganya yaaaa. Yok, nyopang!




Top
Top