Berita

Menikmati Jajanan Srikaya Legendaris Khas Kota Khatulistiwa

18 Desember 2020

Kontributor :
Cecilia Berutu
@ceciliaberutu
Kontributor:
Cecilia Berutu
@ceciliaberutu

Jalan-jalan di Kota Khatulistiwa, Pontianak rasanya tak sah apabila belum mencicipi jajanan berselai srikaya. Warung Suka Hati adalah salah satu warung legendaris di Pontianak yang terkenal akan jajanan srikayanya. Sejak tahun 1972, Warung Suka Hati sudah menyajikan aneka jajanan srikaya, seperti: pisang goreng, roti dan keladi goreng. Ketiga jajanan srikaya ini biasanya menjadi teman akrab untuk disantap bersama segelas kopi panas.


Kosim, pegawai andalan Warung Suka Hati mengaku pisang goreng srikayanya menjadi menu favorit yang sering dicari oleh warga lokal maupun wisatawan nasional. Hal ini tak mengherankan sebab pisang nipah yang digoreng tepung tersebut bertekstur renyah dan krispi walaupun sudah diolesi selai srikaya. Begitu pula dengan keladi goreng serta roti srikaya yang tak kalah lezat. Tekstur roti yang lembut dengan olesan srikayanya yang manis menjadi perpaduan yang pas dimulut penikmatnya.


Jajanan yang begitu digemari ini tentu tak lepas berkat selai srikayanya yang khas. Selai srikaya ini dibuat secara homemade. Proses produksi bahkan dilakukan diatas warung tersebut setiap hari. "Kalau selai srikayanya kita buat sendiri di lantai atas. Setiap hari kita buatnya" ujar Kosim, pegawai setia yang sudah bekerja selama puluhan tahun. Dalam sehari, ratusan jajanan srikaya ini bisa lenyap disantap pelanggan setianya. Bahkan untuk olesan jajanannya saja, warung legendaris ini memerlukan setidaknya dua baskom selai srikaya dalam sehari.
Tak heran, banyak masyarakat luar Pontianak yang kerap membawa jajanan srikaya ini sebagai buah tangan. Jika ingin membawanya keluar kota, mereka menyediakan jajanan tersebut dalam kondisi setengah matang sehingga tetap fresh meskipun dibawa keluar kota. Selai srikayanya juga dapat Anda beli dalam kemasan rapi dengan variasi ukuran yang diinginkan.

Terletak di daerah pecinaan tua Jalan Tanjungpura, Warung Suka Hati tetap mempertahankan keaslian ciri khas bangunan tuanya hingga saat ini. Suasana bangunan tua inilah yang membuat kesan tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Warung Suka Hati buka setiap hari mulai pukul 05.30 WIB hingga 17.00 WIB. Jajanan srikayanya dapat dibandrol mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 8.000 saja. Sementara untuk selai srikaya dapat Anda bandrol mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 35.000 tergantung ukuran yang diinginkan. Terjangkau bukan? Selamat mencoba!




Top