Berita

Menikmati Taman A Yani dan Arboretum Sylva Untan, Public Space Terkini di Kota Pontianak

22 Februari 2018



Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus berupaya memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ditujukan demi kenyamanan warganya. Tak hanya itu, keberadaan RTH yang di desain dengan baik dan menarik akan mempercantik citra kota. Sebagai bukti komitmen Pemkot Pontianak, dua taman menjadi kado istimewa bagi warga yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2017, bertepatan dengan malam Tahun Baru 2018. Kedua taman tersebut, yakni: Taman A Yani dan Taman Arboretum Sylva Untan. Taman-taman ini dibangun dengan memanfaatkan lahan milik Universitas Tanjungpura (Untan). Lokasi Taman A Yani terletak bersebelahan dengan Fakultas Teknik Untan, sementara itu Taman Arboretum Sylva Untan berada di kawasan konservasi Sylva Untan.


Berbagai fasilitas dapat dinikmati di Taman A Yani, antara lain: kawasan bermain Skateborad (Skatepark), lapangan mini basket 3 on 3, Taman Catur, selfie zone, perpustakaan digital, papan informasi kearifan lokal Pontianak, bangku taman serta Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Nuansa segar dari barisan pepohonan di sekitar Taman A Yani menjadikan taman ini semakin terkesan "segar". Lain halnya dengan Taman Arboretum Sylva Untan. Fasilitas yang tersedia antara lain: rooftop garden serta relief Pahlawan Digulis serta plaza dan bangku taman. Kedua RTH ini memang di desain dengan fasilitas yang terintegrasi.


Berkunjung ke taman-taman ini memberikan kesan dan daya tarik tersendiri. Sejak diresmikan, sebagian pengunjung yang berasal dari kaum muda tampak melakukan berbagai aktivitasnya. Mulai dari bermain Skateboard, Basket, aktivitas komunitas anak muda Pontianak dengan berbagai kegiatan maupun campaign yang dilakukannya, hingga para pengunjung yang hanya sekedar ingin mengabadikan momen sembari melepas penat bersama sahabat ataupun keluarga. Tak heran, Semangat Jiwa Muda seakan menjadi keunikan tersendiri saat menikmati Taman A Yani dan Taman Arboretum Sylva Untan.
Sejak diresmikan, kedua taman ini seakan tak pernah sepi dari pengunjung terutama di waktu sore. Banyak pula siswa TK maupun SD yang melakukan kunjungan dengan bermain di taman-taman ini. Walikota Pontianak, Sutarmidji berharap agar keberadaan RTH di Pontianak menjadi salah satu variable kebahagiaan dan kenyamanan bagi warga, tidak hanya bagi warga lokal tetapi juga bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pontianak.

Pontianak, senantiase BERSINAR! Yok, terus dukung dan jage hasil pembangunan Kote Pontianak Tercinte.




Top
Top