Featured

Bukit Kelam Sintang, Gunung Batu Terbesar Dunia ada di Kalimantan Barat

3 Oktober 2016



Di antara berbagai tempat wisata alam di Kalimantan Barat, mungkin Bukit Kelam di Sintang adalah yang paling menarik. Konon bukit tersebut dilingkupi berbagai kisah misteri hingga menjadi lokasi jatuhnya meteor raksasa.

Dengan tinggi sekitar 900 Mdpl, Bukit Kelam telah menjadi salah satu ikon wisata di Sintang, Kalimantan Barat. Hampir keseluruhan bukit terdiri dari batu, membuatnya begitu unik sekaligus misterius.

Menurut legenda yang beredar, Bukit Kelam adalah batu yang di angkat oleh pemuda Dayak bernama Bujang Besji yang ingin menutup Sungai Melawi dengan Sungai Kapuas. Tapi niatnya gagal setelah digoda oleh bidadari sehingga dia terperosok ke dalam lubang dan batu ini dibiarkan saja sampai sekarang.

Ada juga yang mengatakan bahwa Bukit Kelam adalah meteor yang jatuh ke bumi pada masa lalu. Sehingga banyak peneliti dari luar yang datang untuk meneliti bukit ini. Mungkin penjelasan itu muncul setelah melihat bentuk bukit yang lebih tampak menyerupai batu raksasa.

Terlepas dari segala mitos dan kisah misteri, tidak sedikit traveler yang naik ke puncak Bukit Kelam. Dalam perjalanan menuju puncak, traveler akan disuguhi pemandangan indah khas hutan Kalimantan. Bahkan ada beberapa pohon yang langka. Dari atas puncak bukit ini, terlihat Sintang dan hutan yang terhampar luas.

Untuk mendaki sampai puncak bagi yang belum terbiasa memerlukan waktu 4 jam. Dengan kemiringan sampai 15-40 derajat maka dibuatkan tangga untuk mempermudah pendakian. Tapi bagi petugas di sana, 2 jam mereka sudah bisa sampai ke puncak.

Sedangkan bagi yang ingin bermalam atau kemping, perlu menyiapkan perbekalan dan peralatan. Suhu di puncak pada malam hari bisa di bawah 20 derajat. Sunrise pun menjadi bonus bagi traveler yang memutuskan untuk bermalam di puncak Bukit Kelam.

Namun selain kesiapan fisik dan perlengkapan, traveler yang mau mendaki Bukit Kelam diharuskan membayar Rp 10.000 per orang untuk bisa masuk dan mendaki Bukit Kelam. Sekedar info, di kaki bukit juga terdapat air terjun yang cantik apabila dilihat saat musim hujan.

Untuk sampai ke Sintang, ada 2 alternatif yaitu melalui udara dan jalur darat dari Pontianak. Untuk jalur darat membutuhkan 7 jam perjalanan dan melalui udara 45 menit.

Tulisan: travel.detik.com
Gambar: Google




Top
Top