Featured

Kampung Kurcaci Purbalingga, Merasakan Sensasi Berwisata di Dalam Rumah Hobit

15 Agustus 2016



Jika kamu melintas atau berkunjung ke Purbalingga, Jawa Tengah, sempatkan datang ke Desa Wisata Serang di Kecamatan Karangreja. Tak jauh berbeda dengan di Bandung, di desa ini kamu tak hanya dapat menikmati keindahan alam tetapi juga bisa berkunjung ke Kampung Kurcaci. Berada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl), Kampung Kurcaci berudara sejuk. Tempat seluas 3,5 hektar ini dikelilingi hutan damar yang berumur puluhan tahun.

Tak seperti namanya, kampung ini tak dihuni penduduk bertubuh mungil layaknya Desa Shire di film fiksi Lord Of The Ring atau The Hobbit. Awalnya, tempat ini disiapkan untuk sekolah alam bagi anak-anak desa. Untuk menarik minat mereka, kami membuat semacam rumah kurcaci. Ternyata, anak-anak sangat tertarik. Bahkan, ada wisatawan yang datang dan mengunggah foto-foto mereka selama di sini ke media sosial. Akhirnya, Kampung Kurcaci ramai dikunjungi wisatawan

Nama Kampung Kurcaci dipilih lantaran filosofi yang ingin dibagikan. Yakni, manusia sejatinya merupakan makluk kecil dibanding alam. Hal ini pun bisa dirasakan ketika wisatawan berada di antara pohon damar yang rindang dan menjulang tinggi di kawasan tersebut. Wisatawan pun akan terlihat kecil layaknya kurcaci yang memiliki keterbatasan. Lewat filosofi itu, wisatawan yang datang ke Kampung Kurcaci diharapkan agar introspeksi dan menyadari untuk saling menghormati, bersyukur, serta berbagi.

Ada beberapa wahana yang bisa dinikmati wisatawan. Di antaranya, air terjun Tarung, Curug Lawang, Rumah Kurcaci, arena bermain tradisional, panggung kurcaci, camping ground, pendakian Gunung Kelir, perpustakaan alam, juga rumah pohon. Di tempat ini, wisatawan juga wajib menggunakan bahasa Jawa Krama. Di samping loket masuk terpampang tulisan "Anda memasuki kawasan berbahasa Jawa Krama. Monggo guneman ngagem basa Jawi Krama (Mari berbincang menggunakan bahasa Jawa Krama),".

Untuk masuk Kampung Kurcaci, wisatawan cukup membeli tiket seharga Rp 5.000 per orang. Sementara, biaya parkir sepeda motor dipatok Rp 2.000. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Prayitno. mengatakan, Kampung Kurcaci berada di area milik PT Perhutani.

Tulisan: travel.tribunnews.com
Gambar: Google




Top
Top