Featured

Menguak Legenda Sambil Menikmati Indahnya Wisata Lembah Harau Payakumbuh

15 Agustus 2016



Satu lagi destinasi wisata yang sangat menarik di wilayah Sumatera yakni wisata alam Harau Payakumbuh. Lembah Harau terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kondisi alam Sumatera Barat pastilah sangat sesuai bagi Anda yang memiliki hobi berpetualang.

Salah satu contohnya adalah Lembah Harau ini, yang memiliki topografi daratan bergelombang dan berbukit. Anda bisa menjelajah beberapa bukit-bukit indah di sekitar kawasan Lembah Harau. Seperti Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang.

Hamparan Lembah Harau dikelilingi tebing-tebing batu berpasir yang cukup terjal. Belum lagi tebing-tebing granit yang menjulang dengan tinggi hingga 300 Meter. Di kondisi alam Sumatera Barat yang subur, Anda bisa menikmati pemandangan hijaunya persawahan di antara tebing-tebing yang tegak lurus, beserta suasana alamnya yang sangat menakjubkan.

Selain pemandangan tebing-tebing yang menjulang dengan kokoh dan megah, Anda juga akan merasakan segarnya udara dan objek wisata alam lainnya di Lembah Harau. Anda bisa mengunjungi beberapa kawasan objek wisata alam, yang masing-masing akan membuat Anda merasa takjub.

Seperti Air Terjun Aka Barayun, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Murni, dan Air Terjun Sarasah Aie Angek. Keempat wisata alam tersebut berada di kawasan Resort Sarasah Bunta. Tiap-tiap air terjun tersebut memiliki keistimewaan tersendiri.

Asal mula lembah harau ini adalah dulu kala ada sebuah istana raja yang berdiri di atas tebing tinggi tersebut, yang sebelumnya juga lembah itu hanyalah sebuah laut. Kononnya lagi lembah itu terjadi raja mengeringkan air laut karena ingin mencari anaknya yang bunuh diri ke dasar lautan yang disebabkan oleh raja memaksa anaknya untuk menikahi pria yang tidak ia sukai. Tetapi setelah laut dikeringkan yang sudah jadi daratan tetap juga putrinya tidak ditemukan.

Tulisan: iwisataindonesia.com




Top
Top