Featured

Mengintip Sekaligus Belajar Tentang Sastra di Museum Kata Andrea Hirata

Gantong, Belitung Timur



Jika kamu sedang berlibur di Belitung dan punya waktu lebih, kamu bisa mampir ke daerah Gantong, Belitung Timur. Disana, kamu bisa melihat sekaligus belajar banyak hal tentang sastra ala Museum Kata Andrea Hirata yang unik!


Buat yang belum tahu, Andrea Hirata adalah seorang novelis dan sastrawan yang dikenal dengan rilisan Laskar Pelangi ini. Tangan emasnya pun lah yang membuat novel Laskar Pelangi sukses terjual lebih dari lima juta kopi dan filmnya sempat merajai box office Tanah Air.
Nah, sebagai rasa terima kasihnya kepada Belitung, kampung halamannya, pria lulusan Universitas Paris ini meluncurkan museum kata di Belitung pada 2010 lalu. Sebagai satu-satunya museum sastra yang ada di Indonesia, Museum Andrea Hirata nggak pernah sepi pengunjung dalam maupun luar negeri.

Mulai buka dari jam 9:30 hingga 17:00, suasana ceria sudah terasa bahkan di depan pintu masuk Museum Kata Andrea Hirata. Cat warna warni bagai pelangi menghiasi dinding hingga jendela dari bangunan museum ini. Bahkan, beberapa batu kali berjejer dengan riang, menyambut kamu dengan senyum lebar.
Begitu masuk, kamu bakal disuguhi dengan penampakan rak enam tingkat yang tersusun rapi. Di dalamnya, kamu bisa baca-baca beberapa edisi novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Nggak cuma yang berbahasa Indonesia, kamu juga bisa baca beberapa versi internasional, mulai dari Amerika Serikat hingga Jerman. Puas deh!


Jika kamu berjalan ke tengah, kamu bakal menemukan Ruang Laskar Pelangi yang menjadi penghubung ke beberapa ruang lainnya. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai lukisan kontemporer maupun klasik koleksi Andrea Hirata. Buat yang belum tahu, beliau menyimpan sekitar 200 koleksi sastranya di museum ini. Jadi, padat banget, deh!
Yang bikin menarik dari Museum Kata Andrea Hirata adalah konsep penamaan ruangan dengan tokoh novel Laskar Pelangi. Di sini, kamu juga bisa mampir ke Ruang Ikal. Di dalamnya, kamu bisa melihat banyak sekali cuplikan novel yang membahas tentang karakter utama ini. Bahkan, di sebuah sudutnya, ada foto adegan Ikal yang berpisah dengan sahabatnya, Lintang.

Nggak jauh dari Ruang Ikal, kamu bakal disambut hangat oleh Ruang Lintang. Di filmnya, tokoh ini memiliki kecerdasaan yang luar biasa. Nggak heran, banyak sekali foto-foto senyumnya terpajang nyata di ruangan ini. Nggak lupa, kamu juga bisa melihat sepeda kesayangan Lintang yang dipakai dalam film Laskar Pelangi
Sebagai media penyampaian karya seni, Andrea Hirata pun membuat Ruang Mahar. Sosok yang satu ini memang dikenal sangat nyetrik dalam Laskar Pelangi. Nggak heran sih kalau kamu bisa menikmati berbagai foto-foto hingga lukisan dari para seniman lokal, khususnya Rhoma Irama yang jadi idola dari Mahar!

Jika sudah puas berkeliling di Museum Kata Andrea Hirata, kamu bisa menuju halaman belakang. Di sana terdapat Warung Kopi Kuli yang menyediakan kopi khas Belitung. Nggak cuma itu, kamu juga bisa berkirim surat atau kartu pos ke berbagai negara yang khusus disediakan oleh Museum Kata Andrea Hirata.

Tulisan: pegipegi.com
Gambar: museumkataandreahirata.com




Top
Top