Featured

Sungai Cigenter, Liburan Mencekam Bagi Kamu yang Punya Jiwa Petualang Sejati

Pandeglang, Banten



Punya jiwa petualangan? Suka dengan hal yang menantang adrenalin? Kalau iya, kamu pasti akan suka pengalaman menyusuri sungai yang kedua sisinya dipenuhi pepohonan rimbun, sementara beberapa pasang mata mengawasi dari permukaan air yang tenang. Tanpa kamu sadari, punggung mereka yang bersisik menyembul bagai batang kayu yang diam. Itulah pemandangan yang bakal ditemukan di Sungai Cigenter.


Nah, kalau penasaran bagaimana rasanya liburan ala Amazon, silakan datangi saja sungai yang ada di Pulau Handeleum, Ujung Kulon ini, yang suasananya mirip banget sama sungai Amazon di Amerika Selatan. Tak hanya buaya yang melintas diam-diam, kamu pun bisa melihat ular-ular piton besar yang melilit di pepohonan!
Kamu akan menjelajahi sungai yang kedalamannya mencapai 6 meter ini dengan perahu kayu mirip kano yang disebut jukung. Selama naik perahu, tak hanya ular dan buaya yang bisa dilihat. Hutan hujan yang asri, vegetasi yang masih perawan, kicauan burung dan suara-suara hutan pastinya membuat liburanmu begitu istimewa. Selain itu, sungai ini juga dipenuhi ikan-ikan besar yang kadang menampakkan diri.


Memang, menyusuri Sungai Cigenter ini memerlukan keberanian dan cenderung berbahaya, namun tenang saja, pemandu sungai yang mendampingi adalah yang terbaik dan sangat berpengalaman. Selama menyusuri sungai sepanjang 12 kilometer ini, kamu hanya perlu mengikuti instruksi mereka agar penjelajahan berjalan lancar. Untuk menyewa jukung berikut pemandunya, dikenakan biaya Rp 50 ribu per orang.
Sungai Cigenter berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Tepatnya berada di Pulau Handeleum, satu dari sekian banyak pulau kecil di Semenanjung Ujung Kulon. Untuk menuju Sungai Cigenter, kamu harus datang ke Desa Paniis, Kecamatan Keroncong, Kabupaten Pandeglang. Di desa ini, kamu bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga, seperti yang biasa dilakukan petualang lainnya.

Ketika ingin menyeberang ke Pulau Handeleum, kamu bisa menyewa perahu dengan kapasitas 20 orang. Harga sewanya tahun 2015 lalu sekitar Rp 1,5 juta per kapal. So, bakal jauh lebih murah kalau kamu pergi dengan rombongan. Selain menjadi rumah bagi Sungai Cigenter, Pulau Handeleum juga merupakan habitat rusa dan sepanjang pantainya diliputi hutan mangrove. Biar lebih aman dan seru, bisa juga untuk ambil Paket Ujung Kulon dengan Jadwal Open Trip yang ada. Selain hemat, juga bisa dapat kenalan teman baru juga lho!

Tulisan: blog.gogonesia.com
Gambar: indonesiakaya.com




Top
Top