Featured

Wisata Alam Kepulauan Derawan yang Terus Menebar Pesona Keindahan

16 Agustus 2016



Kalimantan tidak kalah dengan pulau-pulau yang lainnya yang juga memiliki keindahan tersendiri untuk kehidupan alamnya. Sebut saja gugusan pulau yang berada di Kalimantan Timur yaitu Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan ini mempunyai beberapa pulau yang tidak kalah indahnya dengan pulau yang lain, diantaranya ada Pulau Maratua, Sangakali, Derawan, hingga Pulau Kakaban.

Didalamnya terdapat sebuah pantai yang sangat terkenal karena keindahan dan keeksotisannya yaitu Pantai Derawan. Banyak para wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Derawan ini untuk menikmati keindahan baik dari luar maupun dalam lautnya. Terdapat hamparan pasir putih yang lembut membentang dipinggir laut dengan ditambah keindahan dari taman lautnya yang dipenuhi oleh berbagai macam koral yang membuat pantai ini semakin banyak memikat para wisatawan untuk dapat mengunjunginya.

Selain itu air laut pada Pantai Derawan ini berwarna hijau kebiru-biruan bagaikan dilukis secara indah. Di Pantai Derawan ini juga tidak ada sampah yang berserakan baik dipinggir pantai maupun pada air lautnya. Sehingga terlihat sangat bersih dan indah untuk memanjakan diri ini.

Pantai Derawan ini berada di Kepulauan Derawan yang terdapat di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ada beberapa cara berwisata ke Pantai Derawan dalam menuju pantai yang terkenal eksotis itu. Biaya yang dikeluarkan dalam akses menuju Pantai Derawan ini juga tergolong harga yang sangat standar.

Ada 2 pilihan untuk menuju pantai yang ada di Kepulauan Derawan ini yaitu bisa melalui jalur darat atau menggunakan jalur udara. Bagi anda yang berada disekitar Kalimantan anda dapat menggunakan jalur darat dengan rute sebagai berikut. Pertama anda mulai dari Palangkaraya menuju Banjarmasin.

Setelah tiba di Banjarmasin lakukan perjalanan menggunakan bus tujuan Samarinda dengan biaya Rp.120.000 hingga Rp.150.000. setelah itu gunakan sebuah jasa travel yang menyediakan mobil untuk menuju Tanjung Redeb dengan onkos sebesar Rp.275.000 hingga Rp.300.000. Setelah tiba di Tanjung Redeb anda masih harus melakukan perjalanan menuju Tanjung Batu dengan menggunakan mobil travel dengan biaya Rp.100.000. Setelah itu anda dapat langsung menuju Pulau Derawan menggunakan Speedboat dengan biaya Rp.100.000.

Sedangkan bagi anda yang berada diluar Kalimantan terlebih dahulu menggunakan jalur udara dengan tujuan Balikpapan pada rute penerbangannya. Setelah anda berada di Balikpapan anda dapat menggunakan 2 cara untuk dapat sampai di Kepulauan Derawan ini.

Yaitu cara yang pertama melalui jalur Tarakan. Jalur ini disarankan untuk anda yang berwisata secara rombongan ke Kepulauan Derawan ini. Biaya menggunakan jalur Tarakan juga lebih murah dan terdapat banyak pilihan untuk penerbangannya.

Tetapi dalam melalui jalur Tarakan jarak tempuh terlalu jauh untuk jalur lautnya serta tidak disediakan speedboat untuk umum atau regular. Jadi anda harus menyewa secara pribadi untuk dapat menggunakan speedboat tersebut. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan jalur Berau. Apabila anda melakukan perjalanan atau traveling secara sendirian dapat menggunakan jalur Berau ini sebagai alternative.

Jalur laut menuju Kepulauan Derawan ini juga lebih dekat dan ketika anda telah sampai di Tanjung Batu akan ada banyak mobil travel umum serta speedboat untuk umum yang menuju Pulau Derawan. Dan pastinya biaya yang diperlukan juga agak sedikit lebih mahal dengan menggunakan jalur Berau dibanding anda menggunakan jalur Tarakan.

Karena Kepulauan Derawan ini merupakan sebuah daerah yang dikelilingi oelh laut dan pantai maka aktifitas yang dapat dilakukan adalah kegiatan yang berhubungan dengan wisata air dan keindahan bawah laut. Dipulau yang terdapat di Kalimantan Timur ini anda dapat berenang dipantai, berjemur dibawah sinar matahari dipasir pantainya.

Selain itu anda juga dapat melakukan snorkeling dan diving di Kepulauan Derawan ini. Aktifitas diving ini merupakan kegiatan yang sangat banyak diminati oleh wisatawan baik yang lokal maupun mancanegara di Derawan. Sebab keindahan alam bawah lautnya membuat kita sangat takjub dan merasa ketagihan untuk terus melakukan diving di Kepulauan Derawan ini. Jika anda tidak mau basah-basahan anda juga dapat melihat proses bertelurnya penyu hingga menetas menjadi penyu.

Disini anda juga dapat menikmati sunset yang sangat indah bila dinikmati bersama orang yang kita sayangi. Kepulauan Derawan yang ada di Kalimantan Timur ini merupakan sebuah tempat yang masih tersimpan banyak spesies hewan yang termasuk langka atau tergolong hampir musnah, diantaranya adalah ada penyu hijau, paus, ikan barakuda, penyu sisik, kima serta hewan yang lainnya yang masih berada di Kepulauan Derawan tersebut.

Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Kepulauan Derawan ini tidak menemukan tempat penginapan. Sebab disepanjang jalan menuju pantai yang ada di Kepulauan Derawan ini terdapat banyak sekali tempat yang tersedia mulai dari penginapan, homestay hingga resort.

Tulisan: pariwisataindo.com
Gambar: Google




Top
Top