Destinasi

Rumah Radakng

Pontianak, Kalimantan Barat

Rumah Radakng, itulah sebutan yang pantas untuk rumah adat terbesar di Indonesia bahkan di dunia dengan panjang 138 meter dan tinggi 7 meter sekaligus menjadi yang paling megah di Kalimantan, yang terletak di jalan Sutan Syahrir Kota Baru Pontianak.



Rumah Radakng (Radakng merupakan bahasa Dayak Kanayatn dalam Bahasa Indonesia berarti, rumah betang atau rumah panjang) merupakan simbol semangat kekeluargaan, persaudaraan, gotong royong dan kebersamaan masyarakat Dayak. Rumah Radakng Kalimantan Barat yang terletak di Komplek Perkampungan Budaya Jalan Sutan Syahrir Kota Baru Pontianak ini sudah diresmikan oleh Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH Selasa (02/07/13) lalu. Peresmian ini sebagai bentuk penyampaian informasi kepada khalayak ramai bahwa bangunan ini sudah bisa digunakan. Rumah Radakng ini dibangun sebagai upaya pengembangan dan pelestarian adat istiadat. Karena rumah panjang punya nilai strategis.



Rumah Radakng didesain untuk menampung sekitar 600 orang di ruang utama.Sementara itu,area halaman yang luas juga dapat digunakan untuk aktivitas budaya.Bangunan ini memiliki dua tangga utama yang terbuat dari kayu berukuran sangat besar dan panjang.Siapa saja yang melintasi kawasan ini akan terkesan dan terpesona dengan arsitektur Rumah Radakng nan indah dan megah. Visit this place and feel its luxury!



Top