Komunitas

Aku Belajar

Sosial, Pendidikan, Kemasyarakatan



Pendidikan merupakan faktor utama dalam kemajuan suatu bangsa. Lebih jauh, tanggung jawab akan kemajuan bangsa terletak dipundak generasi muda. Oleh karena itu, setiap warga negara sudah semestinya memiliki akses yang sama dalam berproses dan belajar dalam bingkai pendidikan yang berkualitas. Kenyataan bahwa masih adanya masyarakat yang belum memperoleh akses pendidikan yang baik dan berkualitas, sudah seharusnya mampu memotivasi generasi muda yang telah mengenyam pendidikan dengan baik untuk menjadi problem solver atas kenyataan tersedut.

Menyadari betapa pentingnya pembangunan pendidikan masyarakat, sekelompok anak muda di Kota Pontianak mencoba berkontribusi memberikan solusi pemerataan akses pendidikan. Kontribusi tersebut diwujudkan melalui sebuah wadah bernama Aku Belajar, sebuah Non-Governmental Organisation (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat non-profit yang bergerak pada bidang kepemudaan dan pendidikan (non-konvensional). Aku Belajar didirikan dengan tujuan untuk menghimpun potensi pemuda yang ada di Kota Pontianak maupun dalam lingkup provinsi Kalimantan Barat. Menumbuhkan kesadaran untuk melakukan kegiatan sukarelawan demi kemajuan Bangsa dan Negara.


Didirikan pada tanggal 17 Januari 2013 di Pontianak, gagasan pendirian Aku Belajar ini muncul dari pemikiran sederhana sekolompok anak muda yang ingin semua anak-anak Indonesia, meski berdomisili di daerah-daerah termarginalkan, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang baik serta meraih mimpi dan cita-citanya. Pelaksanaan program dari Aku Belajar ini bertumpu pada peran aktif generasi muda yang menjadi relawan Aku Belajar.


Sejak berdiri pada tahun 2013, relawan Aku Belajar telah sampai pada angkatan ke-IV. Aku Belajar hadir dengan serangkaian program/kegiatan, diantaranya; Program Aku Belajar, Perpustakaan Belajar, Ruang Dimensi, Malam Amal, Festival Sukarelawan dan Penghargaan untuk Sukarelawan. Seluruh rangkaian kegiatan ini, selain sebagai bentuk transfer ilmu pengetahuan dan wawasan dari relawan Aku Belajar kepada masyarakat sasaran, juga bertujuan untuk membangun kesadaran pemuda di Kalimantan Barat akan perlunya peran serta mereka baik dari segi ide, ilmu pengetahuan, tenaga dan pengalaman/wawasan yang mereka miliki untuk mendukung pembangunan pendidikan khususnya untuk lokasi yang termarginalkan di Kalimantan Barat.


Buat kamu yang memiliki jiwa relawan dan ingin mengasah kemampuan adaptasi, komunikasi, leadership serta soft-skill, ayo bergabung menjadi Relawan Aku Belajar! Menjadi mentor untuk adik-adik maupun masyarakat di lokasi marginal dengan tingkat pendidikan yang masih rendah, putus sekolah, serta masyarakat berkemampuan ekonomi dibawah rata-rata. Aku Belajar! "One Youth, One Action, One Step Closer To Change The World".

Facebook : Aku Belajar Pontianak
Blog : akubelajarid.wordpress.com

Komunitas Lainnya
Khatulistiwa Berbagi

1000 Guru Kalbar

Gerakan Semangat Positif (GSP)






Top
Top