Komunitas

Khatulistiwa Berbagi

Sosial, Kemasyarakatan



Memaknai sejarah bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan inspirasi. Tak terkecuali inspirasi dalam dunia pendidikan. Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai tokoh perjuangan pendidikan melalui semangat "Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani" (di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan) menjadi inspirasi bagi rakyat Indonesia bahwa pendidikan haruslah merata. Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang baik.

Berangkat dari filosofi tersebut, sekelompok pemuda di Kota Pontianak menggagas Sekolah Inspirasi yang merupakan cikal bakal berdirinya Khatulistiwa Berbagi, sebuah komunitas yang bergerak pada bidang pendidikan dengan memberi edukasi gratis bagi anak-anak marjinal. Masyarakat binaan dari komunitas ini salah satunya adalah anak-anak di kampung pemulung. Perkampungan Pemulung Waduk Permai merupakan bonaan pertama dari sekolah inspirasi pada mulanya. Edukasi pendidikan yang kental dengan nilai sosial dan kemanusiaan ini mendapat banyak simpati dari banyak pihak/donatur. Suara ceria anak di perkampungan pemulung ini berhasil di tangkap oleh beberapa media lokal bahkan nasional.


Berbagai program dari Khatulistiwa Berbagi hidup dari kesetiaan para rekan/relawan pendidikan maupun donatur yang memberikan dukungan materil maupun moril. Program edukasi gratis yang diberikan oleh Khatulistiwa Berbagi diantaranya: pendidikan ipa/ips yang dikemas secara menarik dengan observasi lapangan, lingkaran iman, donasi buku, sunatan massal, kunjungan lapangan ke markas TNI AU dan kapal pesiar TNI AL, pengembangan bakat dan seni, belajar sambil bermain, belajar sambil bersampan di sungai Kapuas membahas isu lingkungan sekaligus sejarah kota Pontianak serta banyak kegiatan seru lainnya.


Dalam pelaksanaan edukasinya, komunitas ini memiliki basecamp yang mereka namakan Rumah Belajar Khatulistiwa Berbagi yang berlokasi di Jl. Untung Suropati, Pontianak. Yok, anak mude Pontianak! Berkontribusi dalam membangun pendidikan adik-adik yang kental dalam balutan aksi sosial dan manfaat tiada tara.

Mari bergabung bersama Khatulistiwa Berbagi! Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung menhubungi kontak di bawah ini

Facebook : Khatulistiwa Berbagi Pontianak
Instagram : @khatulistiwaberbagi

Komunitas Lainnya
Aku Belajar

1000 Guru Kalbar

Gerakan Semangat Positif (GSP)






Top
Top