Komunitas

Komunitas Magic Kalimantan Barat (KMKB)

Hobi, Magic, Sulap





SEPERTI pada komunitas lainnya, komunitas magician juga memiliki suatu wadah penyatu di antara mereka. Wadah tersebut bernama Komunitas Magic Kalimantan Barat (KMKB). Wadah ini terbentuk sudah hampir dua tahun lebih. Dan kini sudah banyak komunitas magician yang tergabung di dalamnya. Di antaranya Hypno Magic, Magic Team Club (MTC), Chieullet Magic Academy (CMA), The Independent Magician (TIM), Corps Magician (CM), Borneo Archacine Magic (BAM), 3 Dimond, Pontianak Hypnostreet Club (PHC), dll.

"Kita ingin wadah ini menjadi pemersatu untuk komunitas-komunitas magician yang ada di Kalbar. Saat ini sih baru masih komunitas magician Pontianak yang tergabung. Rencana kita akan menjaring semua komunitas di seluruh kabupaten Kalbar," ujar M Zeint, Pembina Magic Kalbar. Dengan keberadaan wadah ini, mereka ingin meluruskan paradigma masyarakat yang masih menganggap miring terhadap para magician. Mereka ingin membuktikan bahwa apa yang mereka mainkan dan pertunjukkan adalah murni dari teknik dan trik permainan. Bukan ilmu sihir dan mistis.



Berbicara tentang sulap atau magic, mereka menjelaskan pada dasarnya sulap juga mempunyai aliran tersendiri. Ada beberapa aliran dalam sulap, yaitu: Escape Magic (aliran sulap yang berhubungan meloloskan diri). Aliran ini biasanya lebih menggunakan teknik murni daripada trik, sehingga risikonya benar-benar membahayakan. Aliran kedua, Ilusi. Adalah aliran sulap yang menciptakan ilusi yang terlihat tidak mungkin dilakukan. Biasanya menggunakan banyak alat yang besar. Kemudian ada aliran yang namanya Cardician. Cardician adalah pesulap yang menggunakan kartu untuk pertunjukkannya.



Sedangkan aliran sulap yang seolah-olah menggunakan kekuatan pikiran dikenal dengan istilah mentalism. Mathemagic lain lagi. Yaitu aliran sulap yang memperlihatkan seolah-olah memiliki kemampuan matematika/hitungan yang sangat pintar dan cepat. Biasa melihat pesulap yang menggunakan cerita yang menyentuh atau seperti berhubungan dengan alam roh dan sebagainya. Mereka menggunakan aliran Bizzare. Aliran Pick Pocket tak asing kita lihat. Yaitu sulap mengambil atau mencuri barang penonton dengan tujuan hiburan dan setelah itu dikembalikan barangnnya seperti copet. Dari semua aliran yang ada, Close up magic sering diminati. Aliran ini lebih pada sulap yang dilakukan dengan jarak dekat. Harus benar-benar menyembunyikan kecepatan tangannya dengan baik agar rahasia sulap tidak terungkap.



Dan terakhir aliran yang bersifat ektrem. Seperti pertunjukkan yang sering ditontonkan Limbad. Yaitu Fakir magic. Yakni sebuah aliran kuno di mana sang pesulap seolah mempunyai sebuah kekuatan supranatural. Dia bisa tahan terhadap goresan pedang atau benda tajam lain. Tiduran di atas paku dan trik aneh lainnya. Hampir semua yang tergabung di wadah ini menguasai semua aliran-aliran tersebut. Menurut mereka sangat penting untung menguasai aliran yang ada. "Untuk seorang magician, kita harus tahu banyak aliran. Sehingga pertunjukkan kitapun tidak monoton. Secara pribadi meskipun saya tahu banyak aliran sulap, kadang saya mainkan aliran mentalism, fakir dan ilusi tapi saya harus fokus pada satu. Hal ini supaya saya lebih mahir pada aliran yang ditekuni. Saya lebih fokus pada aliran close up," ucap Nico, salah satu magician Pontianak ini.



Untuk mempelajari ilmu sulap, bukanlah seperti membalikkan kedua telapak tanggan. Butuh latihan dan ketekunan untuk mempelajarinya. "Semuanya butuh proses. Yang pasti terus pelajari bagaimana caranya, saya yakin yang tadinya sulit akan tidak menjadi sulit lagi," ujar Tio, hipnotis Pontianak ini.Juan, magician aliran fakir ini menambahkan ada suatu kepuasan tersendiri ketika kita mampu menaklukkan atau melakukan sesuatu yang sulit dilakukan orang lain kemudian dapat dilakukan sendiri.

Menurut mereka pada dasarnya ilmu sulap yang mereka pelajari adalah otodidak. Yakni belajar sendiri, melihat di you tube dan sumber-sumber lainnya. Berkat latihan dan ketekunan yang tak pernah henti, mereka mampu mengatasi kegagalan demi kegagalan yang kemungkinan terjadi. Dengan adanya wadah ini, mereka mengatakan menjadi ajang saling sharing ilmu dimiliki satu sama lain. Sehingga wawasanpun menjadi luas. "Kegiatan kami di sini selain ajang sharing dan juga sering kami melakukan kegiatan sosial. Dari hasil pertunjukkan kami, kami manfaatkan untuk aksi sosial membantu mereka yang membutuhkan," tutup Zeint.

Kontak :
Website : www.komunitasmagickalbar.org
Telp : 08994288468 - Tio HUMAS

Komunitas Lainnya
Borneo Toys Club

Berbagi Nasi Pontianak

KERTAS (Komunitas Entertainer Kapuas)





Top
Top