Komunitas

Komunitas Wisata Sejarah (KUWAS) Pontianak

Hobi, Traveling, Budaya




Buat kamu yang hobi jalan-jalan sambil menikmati dan memaknai nilai-nilai sejarah di Kota Pontianak, tak perlu bingung untuk menemukan tempat berkumpulnya. Komunitas Wisata Sejarah Pontianak atau yang disingkat dengan KUWAS telah hadir sebagai tempat berkumpul bagi para peminat sejarah, kajian perkotaan, wisata kota maupun budaya. Kegiatan utama yang dilaksanakan komunitas ini berupa wisata sejarah sebagai pintu masuk untuk melihat serta mempelajari sejarah kota beserta peninggalan-peninggalan sejarahnya, agar tetap dijaga dan lestari. KUWAS bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan sejarah kota beserta peninggalan di dalamnya ke khalayak ramai terutama anak-anak muda sebagai generasi penerus yang harus tetap merawat ingatan sejarah kotanya.

Mengangkat slogan "Menjelajah Kota-Menjaga Sejarah", KUWAS berangkat dari keprihatinan atas kelesatarian sejarah Kota Pontianak beserta peninggalannya. Kota ini memiliki banyak peninggalan sejarah, kawasan kota yang hadir tidak begitu saja dari ruang yang kosong, hadirnya infrastruktur kota hingga saat ini tentu melalui rangkaian yang begitu panjang, rangkaian tersebut merupakan proses sejarah yang seharusnya kita pelajari. Belajar sejarah tidak harus dikelas saja, kita bisa keluar untuk menyaksikan secara langsung peninggalan-peninggalan sejarah yang ada, dengan demikian sejarah akan mencapai guna rekreatifnya, karena mempelajari sejarah dengan berwisata sejarah, kita diajak seakan-akan melakukan lawatan sejarah dengan menerobos batas-ruang waktu dan tempat menuju masa lampau serta terlibat dalam peristiwa yang terjadi tersebut. Melalui konsep ini, KUWAS berharap agar semakin banyak masyarakat Kota Pontianak terinspirasi dengan gagasan dan konsep sejarah kota yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan masa kini. Great idea!


KUWAS lahir dari diskusi singkat dan santai warung kopi, aktivitas yang menjadi khas anak muda Pontianak. Ide-ide inspiratif seringkali hadir ditengah diskusi bersama ditemani segelas kopi pancong. Bermula dari diskusi itulah, akhirnya pada 19 Oktober 2014, KUWAS resmi berdiri. Nama KUWAS dimaknai dari deskripsi benda kuas. KUwAS memiliki makna yakni alat untuk melukis atau mengecat. Melukis merupakan upaya untuk mendapatkan sesuatu yang indah dan mempunyai nilai tersendiri. Begitulah nama KUwAS yang melekat menjadi akronim dari Komunitas Wista Sejarah. KUwAS akan memberikan pemandangan yang berbeda dari sesuatu yang sering dilihat menjadi bermakna. Disisi lain KUwAS juga digunakan dalam melakukan ekskavasi guna membersihkan material yang menutupi benda bersejarah. KUwAS juga memiliki makna demikian, dengan hadirnya KUwAS diharapkan akan mampu menjadi salah satu penggerak dalam membersihkan sejarah yang tak sedikit sudah terlupakan.


Kegiatan KUWAS yang telah dilaksanakan adalah mengunjungi beberapa bangunan sejarah yang berada di Kota Lama Kolonia Pontianak, antara lain: Gedung Bank Indonesia Pontianak (gedung lama) atau dulu bernama "De Javasche Bank Pontianak" yang merupakan kantor cabang DJB pertama yang ada di Pulau Kalimantan dibuka pada tanggal 1 April 1906. Selain itu, kunjungan berlanjut ke Kantor Pos Indonesia (gedung lama) yang berada tepat di sebelah Bank Indonesia, kantor pos ini sejak awal dibangun pertama kali pada tahun 1858 memang digunakan sebagai 'post telegraf kantoor' (kantor pos). Bangunan selanjutnya adalah Gedung Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, gedung ini dulunya merupakan salah satu rumah yang berada dalam komplek perumahan para pejabat pemerintahan Hindia Belanda di Borneo Westeraffdeeling. Kemudian, wisata berlanjut ke Gedung Sekolah Dasar Negeri 14 yang dulunya adalah Hollandsch Inlandsche School (HIS), sekolah yang didirkan Belanda pada tahun 1902. Agenda wisata sejarah ini, diakhiri dengan diskusi mengenai sejarah kota pontianak yang diawali dengan menyanyi bersama lagu Sungai Kapuas.


Selain lokasi kota Kolonial, trip KUWAS yang lainnya adalah menjelajah pesisir sungai kapuas pontianak bertajuk "Dari Nol Kilometer Ke Nol Derajat", Bersyair Di Sungai Kapuas, Koempoel Di Kebon Sajoek dan masih banyak yang lainnya. Selain berwisata, KUWAS juga memiliki kegiatan Bedah Buku yang berkaitan dengan tema sejarah lokal Kalimantan Barat. Ayo! Dukung dan jadi bagian bersama menjaga peninggalan sejarah kota Pontianak bersama KUWAS, Menjelajah Kota-Menjaga Sejarah.

Email : kuwas_pontianak@yahoo.co.id
Facebook : Kuwas Pontianak

Komunitas Lainnya
1000 Guru Kalbar

Gerakan Semangat Positif (GSP)

Liputan Pontianak Art (LIPArt)






Top
Top