Komunitas

Polnep Animation (POTION)

Hobi, Animasi, Videografi

Kontributor
Abdi Rafi Akmal
Kontributor:
Abdi Rafi Akmal


Animo masyarakat Indonesia mengenai dunia animasi memang sudah tidak dapat dibendung lagi. Siapa juga yang dapat menyangkal bahwa perputaran animasi luar negeri di kalangan remaja adalah suatu tren yang tidak ada habisnya. Kebiasaan menonton aimasi berkualitas dari luar negeri itulah, yang kemudian memicu keinginan pemuda Indonesia dalam mengembangkan animasi serupa, namun dengan memasukan unsur Indonesia. Buktinya sekarang, animasi buatan anak Indonesia sudah ada dan menjadi konsumsi sehari-hari warga Indonesia.

Keberhasilan anak muda Indonesia dalam merilis animasi, ternyata ditanggapi positif oleh anak-anak lokal, khususnya daerah Kota Pontianak. Berawal dari ketertarikan yang sama dalam menonton anime, yaitu animasi khas Jepang. Anak muda Pontianak yang sama-sama berkuliah di Politeknik Negeri Pontianak tersebut, akhirnya mendirikan sebuah klub animasi bernama POTION (POLNEP Animation) yang khusus bergerak dalam pembuatan animasi.

Tanggal 10 Juni 2015 adalah cikal bakal terbentuknya POTION. Berdirinya klub animasi tersebut sebenarnya sudah dipikirkan sejak lama, namun baru dapat terealisasikan pada tanggal tersebut. Hal itu bermula ketika anak muda Pontianak yang memunyai hobi yang sama, membuat suatu animasi yang berjudul, "The Vigilante". Ternyata pembuatan animasi tersebut diketahui oleh dosen mereka, yang kemudian menyuruh mereka untuk mengikutkan animasi itu pada sebuah lomba animasi. Sejak video mereka berhasil dirilis dan diunggah ke dunia maya, mereka secara serius untuk mulai merintis sebuah klub animasi yang akan menampung animator muda untuk turut ikut serta dalam pembuatan animasi.

Dalam proses pengerjaan animasi, ternyata tidak hanya membutuhkan satu atau dua orang dalam pengerjaannya. Proses pembuatan tersebut harus melibatkan banyak orang. Di dalam POTION sendiri, ada 15 orang anggota klub yang memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam pengerjaan animasi. Ada seorang Penulis, yaitu orang yang menulis jalan cerita. Ada Illustrator, yaitu orang yang membuat tokoh-tokoh pada sebuah animasi. Ada juga seorang Background Artist, yaitu orang yang membuat latar pada setiap adegan didalam sebuah animasi. Ada juga Tracer, orang yang menjiplak gambar buatan Background Artist dan Illustrator dari kertas HVS ke dalam komputer. Kemudian ada yang bertugas untuk mewarnai setiap adegan dalam animasi tersebut. Ada juga yang bertugas untuk menggabungkan setiap adegan menjadi sebuah video utuh.

Kerja sama tim memang mutlak diperlukan dalam proses pembuatan animasi. Koordinasi dalam melakukan tugas masing-masing juga merupakan hal yang wajib dalam upaya menciptakan animasi yang bagus. Walaupun sebenarnya terlihat panjang dan berbelit-belit, animator muda tidak harus takut. Karena di POTION, akan ada banyak orang yang bersedia mengajari dan membantu para animator muda untuk berkecimpung di dunia animasi.

POTION berharap, kedepannya warga Kota Pontianak mulai mengenal klub animasi tersebut. Diharapkan pula apresiasi dari warga Kota Pontianak atas karya yang telah mereka buat. POTION juga berharap dan menerima dengan senang hati bagi animator muda di Kota Pontianak agar dapat bergabung dengan mereka dalam pembuatan animasi selanjutnya.

Berhubungan dengan pembuatan animasi terbaru mereka, saat ini mereka tengah gencar mencari sponsor yang bersedia membiayai proses pembuatan setiap animasi yang mereka hasilkan. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan POTION tidak berhenti di tengah jalan.

Adapun pesan yang disampaikan oleh anggota POTION terhadap animator Indonesia adalah, terus berjuang dan tekuni dunia animasi, karena dengan ketekunan mampu menciptakan sebuah peluang kerja, baik itu membuka usaha sendiri atau ditarik oleh perusahaan.

Mari kita dukung kegiatan POTION dalam upaya menghasilkan animasi-animasi selanjutnya. Mari juga berharap, agar karya yang kelak dihasilkan oleh POTION dapat berdaya saing nasional, bahkan internasional. Semua itu demi menunjang kekreatifan anak muda kota ini dalam mencari peluang kerja yang semakin sempit!

Facebook : Polnep Animation (POTION)

Komunitas Lainnya
Khatulistiwa Berbagi

Komunitas Wisata Sejarah

1000 Guru Kalbar






Top
Top