Komunitas

Upload Kompakan Pontianak

Hobi, Fotografi, Internet





Upload Kompakan (UK) adalah sebuah komunitas yang berkembang di media sosial Instagram dengan nama akun @uploadkompakan dimana para follower serempak mengunggah foto. Berawal dari empat pendiri upload kompakan yang terdiri dari Echi Sofwan (Medan), Aulia Sari (Samarinda), Novera Gusti (Palembang) dan Teti Muliati (Bandung) memiliki hobi yang sama yakni gemar fotografi. Hobi mereka yang senang mengunggah foto dengan tema unik ini mendapat apresiasi dari para pengguna Instagram sehingga pada tanggal 9 September 2014. Saat ini akun @uploadkompakan telah memiliki follower sebanyak 25 ribu.

Setiap harinya para kompakers (sebutan para member @uploadkompakan) mengunggah foto sesuai tema yang diberikan oleh tim UK. Tema yang diberikan seputar objek yang ada di rumah seperti makanan, alat masak, pakaian dan sebagainya. Ada syarat khusus yang harus dipenuhi oleh para kompakers dalam mengunggah fotonya, yakni tidak boleh memperlihatkan bagian tubuh manusia manapun kecuali telapak tangan, tidak boleh menampilkan hewan atau gambar hewan, serta rokok dan minuman keras dalam foto-fotonya.

Sampai saat ini Komunitas Upload Kompakan sudah terbentuk di 34 kota di seluruh Indonesia dan luar negeri, termasuk Kota Pontianak. Kompakers Pontianak yang dikenal dengan ciri khas hashtag Instagram #KompakersPontianak #bungekhatulistiwa dan #cambunge ini beranggotakan wanita dari berbagai kalangan profesi seperti ibu rumah tangga, PNS, pegawai bank, karyawan swasta, dosen dan berbagai profesi lainnya ini berkumpul dalam grup Line untuk saling berdiskusi masalah teknik foto dan aneka jenis propertinya.



Setiap bulannya Kompakers Pontianak rutin mengelar pertemuan (meet up). Agenda pertemuan diisi dengan berbagai kegiatan antara lain pelatihan foodphotography. pembuatan decoupage (seni menghias sebuah objek dengan cara menempelkan kertas warna di atasnya), pembuatan kerajinan clay (kerajinan tanah liat) dan berbagai pelatihan fotografi lainnya seperti foto splash (seni foto cipratan air)serta foto bokeh (menghasilkan efek blur atau area tidak fokus pada gambar).

Melalui berbagai pelatihan fotografi yang diadakan, kompakers Pontianak diharapkan dapat mengabadikan objek dari berbagai angle dengan mempertimbangkan pencahayaan dan tata letak. Sedangkan pada pelatihan decoupage dan clay, kompakers dapat menghasilkan properti menarik untuk objek foto. Dengan adanya komunitas Upload Kompakan Kota Pontianak ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para anggotanya terutama dalam bidang fotografi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Lely (085225810898) atau via Line lelyninas.

Komunitas Lainnya
KERTAS (Komunitas Entertainer Kapuas)

Kaskus Regional Kalimantan Barat

Gerakan Senyum Kapuas






Top
Top