Local Creators

Basic Skill Menjadi Content Creator

24 Juni 2023

274 views

Kontributor :
Ainun Jamilah
@ainunofficial
Kontributor :
Ainun Jamilah
@ainunofficial

Kamu pasti berpikir, siapapun bisa jadi content creator. Asal punya handphone dan tahu apa konten yang ingin dibuat. Tapi pernah berpikir gak sih, sebenarnya ada trik khusus untuk menjadi konten kreator berkualitas? Bukan sekadar ada, tapi bermakna!

Pontinesia for Creators merangkum empat skill yang harus kamu miliki agar menjadi konten kreator berkualitas:

1. Memahami Cara Riset dan Analisis 
Bisa riset dan analisis, artinya bisa bebas juga dari kata ‘stuck’. Memudahkan kamu merencanakan konten hari ini, besok, atau lusa, dengan beragam pilihan tema.

2. Rencanain Kontennya 
Sudah risetnya? Kini saatnya menjabarkan apa yang sudah diriset lewat perencanaan konten. Di tahap ini, penjelasan lebih detail apa yang ingin dibuat dapat dengan mudah dilakukan. Susun poin-poin pentingnya, dan pastikan tidak terlewat.

3. Bisa Nulis Kreatif 
Ini salah satu poin penting untuk mengaet audiens. Tulisan menarik untuk dibaca, gak membuat orang bosan hingga akhir.

4. Bisa Basic Fotografi & Videografi 
Seengaknya, kamu harus tahu bagaimana pengambilan foto atau video yang bagus. Tulisan keren, foto atau video juga keren, tentu menjadi konten yang menarik.

Dari empat hal di atas, mana yang sudah kamu kuasai? Kalau sudah semuanya, selamat! Kamu sudah masuk kategori content creator berkualitas. Tetap bertahan dan tingkatkan kualitasmu ya. Bagi yang baru memiliki beberapa skill, tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan?

Menariknya, tujuan utama untuk menjadi seorang content creator juga bukan hanya sekadar tujuan nominal atau cuan ya. Berbagi perspektif, hasil karya, dan menjadi wadah informasi, bisa jadi alasan kamu untuk berkarya di era digital yang kian berkembang. Sekarang, sudah siap jadi content creator berkualitas?




Top