Cerita Kota

Pontianak Jadi Kota Keenam Rangkaian Pemutaran Film Ikan Pari

11 Juni 2023

241 views

Kontributor :
Ainun Jamilah
@ainunofficial
Kontributor :
Ainun Jamilah
@ainunofficial

CERITA KOTA — Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) bersama masyarakat terus berkomitmen untuk memerangi hoax. Salah satunya lewat penayangan film Ikan Pari, di Port 99 Pontianak Jalan Kom Yos Sudarso, Sabtu (10/6/2023) kemarin. 

Pembuatan film Ikan Pari dilakukan tahun 2022. Pontianak masuk ke dalam rangkaian enam kota penayangan film Ikan Pari, dilanjutkan dengan diskusi bersama Koordinator Wilayah Mafindo Pontianak Syarifah Ema Rahmaniah dan Sineas Khatulistiwa.

Film ini bercerita tentang Ibu Wasima yang bertengkar dengan cucunya yang bernama Jessica hingga membanting pintu rumah. Merasa kesal, Ibu Wasima mengutuknya menjadi ikan pari. Adanya kejadian ini membuat Ibu Wasima menjadi pusat perhatian media-media ternama untuk diundang membagikan kisahnya.

Karena keresahan terhadap tersebarnya hoax tersebut, divisi media Mafindo membuat film Ikan Pari.

“Menuju tahun pemilu 2024 nanti, kita harus waspada dengan berita-berita yang mengancam harmonisasi masyarakat. Salah satunya dengan cara cek fakta di turnbackhoax.id atau bisa mendownload aplikasi Hoax Buster Tool di Play Store (belum tersedia bagi pengguna IOS)," ungkap Korwil Mafindo Pontianak, Ema.

Haris Supiandi, Sineas asal Pontianak mengajak masyarakat untuk tidak ragu memberitahukan kebenaran di grup WhatsApp keluarga jika mendapati berita hoax. 

Sajian obrolan santai yang mengalir menjadi pengalaman dan pengetahuan baru bagi peserta yang hadir. Mulai dari melakukan hal kecil untuk melakukan perubahan besar.

Hadir juga Andi Muhyiddin, Executive Producer serta kedua narasumber, Faisal Riza, Koordinator Divisi SDMO & Diklat Bawaslu.




Top