Cerita Kota

UMKM Pontianak dan Kuching Bakal Ekspo Bareng

25 April 2024

72 views

Kontributor :
Local Creators
@localcreators.id
Kontributor :
Local Creators
@localcreators.id

CERITA KOTA | UMKM Pontianak dan Kuching, Malaysia direncanakan berkolaborasi dalam ekspo yang digelar Konsulat Malaysia di Pontianak, Kalbar. Perkiraan, agenda itu berlangsung di bulan Juli atau Agustus 2024.

Rancangan itu dibahas dalam silaturahmi Konsul Malaysia di Pontianak Azizul Zekri yang bertemu Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian di Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (24/4/2024).

“Kegiatan ini melibatkan pelaku UMKM dari Malaysia dan Indonesia, terutama dari Kuching dan Pontianak,” ujar Azizul Zekri.

Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain berupa pameran produk-produk UMKM seperti kuliner dan kerajinan tangan. Dalam rangkaiannya, akan digelar seminar dan diskusi yang melibatkan cendekiawan dan pakar-pakar ekonomi terkait upaya meningkatkan penghasilan maupun kerja sama UMKM. Jika terwujud, ini merupakan kolaborasi perdana Konsulat Malaysia dengan Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemkot Pontianak.

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyambut baik rencana Konsulat Malaysia. Harapannya kedua wilayah saling mengisi. 
"Misalnya Pontianak punya kelebihan di satu sektor, demikian pula Sarawak punya kelebihan di sektor lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, ini menjadi kesempatan UMKM Pontianak memperluas pangsa pasar.

“Misal UMKM Indonesia ada pangsa pasarnya di Malaysia, sebaliknya produk UMKM Malaysia ada pangsa pasarnya di Indonesia sehingga dengan demikian akan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di masing-masing negara,” pungkasnya. (*)

Ikuti terus cerita Pontinesia, dari Pontianak makin tahu Indonesia!




Top