Featured

Pantai Samudra Indah dan Kura-Kura, Dua Pesona di Pesisir Bengkayang

23 Juli 2016



Pantai Samudra Indah adalah satu di antara pantai yang ada di Kalimantan Barat. Lokasinya di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Pontianak, dan 30 menit dari Kota Singkawang. Harga tiket tiket masuk Rp 10 ribu pe rorang.


Pantai dengan hamparan pasir putih ini memanjang dari arah selatan ke timur sekitar 5 kilometer, dan merupakan pantai dari posisi laut Cina Selatan. Untuk memanjakan wisatawan, pengelola menyediakan pondok-pondok kecil yang terbuat dari kayu dengan atap daun yang dibangun di bebatuan yang terhampar di kawasan bibir pantai.

Di pantai ini juga terdapat pemandian air payau, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir untuk membilas badan setelah mandi di air laut yang asin. Selain Pantai Samudra Indah, objek wisata lain di pesisir Bengkayang adalah Pantai Kura-kura, yang juga berada di Desa Karimunting. Harga tiket masuk di pantai ini Rp 10 ribu per orang.

Di kawasan pantai terdapat dua cottage berukuran sekitar 7 x 10 meter dan satu dangau. Satu cottage dipergunakan untuk tempat tinggal pengelola pantai. Sementara cottage yang berisi dua kamar disediakan untuk pengunjung. Tempat itu semuanya terbuat dari bahan-bahan alam. Dindingnya terbuat dari kayu dan atapnya dari rumbia dengan arsitektur yang menyerupai rumah-rumah penduduk setempat.

Di sepanjang pantai juga tersedia pondok-pondok kecil yang terbuat dari kayu dengan atap daun. Pantai yang dikelola sekitar 700 meter ini didominasi pasir kuning, terdapat juga ratusan batu granit berukuran besar yang tersebar di sekitar pantai. Perpaduan hamparan pasir kuning, batu granit, serta pemandangan pantai yang asri membuat Pantai Kura-kura menjadi satu di antara objek wisata favorit di Kalbar. Di pantai ini juga bagi pengunjung yang beruntung akan menjumpai kura-kura yang naik ke pantai untuk bertelur.

Sumber: pontianak.tribunnews.com



Artikel Terkait
Keindahan Gradasi Tiga Warna Laut di Pantai Tiga Warna Malang

Taman Nasional Tanjung Puting, Surga Bagi Konservasi Orang Utan

Keindahan Tersembunyi Dibalik Batu Karang, Pantai Suluban Bali






Top
Top