Cerita Kota

Tiga Kedai Es Krim Legendaris Pontianak Ini Bikin Nostalgia

27 April 2024

493 views

Kontributor :
Siti Mustiani
@sitimustiani
Kontributor :
Siti Mustiani
@sitimustiani

CERITA KOTA | Banyak tempat makan legendaris di Kota Pontianak, termasuk kedai es krim. Kawan Pontinesia bisa menikmati es krim modern suasana kekinian, sampai yang otentik nan klasik. Dari pendatang baru, sampai yang sudah jualan puluhan tahun tapi tetap ramai dikunjungi.

Es krim memang dessert yang disukai banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Rasa manis dan segar, bikin hilang dahaga dan selalu berhasil memanjakan selera penikmatnya.

Cocok untuk cuaca Pontianak yang kadang bedengkang.

Lokasinya pun menyebar di penjuru kota. Gerai-gerai modern mulai muncul dari mal dan berjejer di jalan protokol. Sedang kedai es krim legendaris, masih setia di tempat pertama kenangan dibuat bersamanya.

Berikut, 3 kedai es krim legendaris di Pontianak.

1.    Es Krim Angi alias Es Krim Petrus
Es Krim Angi merupakan kedai es krim yang berada di depan sekolah Santo Petrus. Tempat favoritnya para siswa menghabiskan sisa uang jajan. Kedai ini berdiri sejak tahun 1950an, artinya sudah lebih dari 70 tahun. Sajian resep keluarga turun-temurun hingga generasi ketiga, yang diteruskan ke anaknya.

Es Krim Angi ini tidak pernah luput dari must-visit-list wisatawan dalam dan luar negeri yang datang ke Kota Pontianak.

Hadir dengan ciri khas wadah batok kelapanya, es krim Angi punya beragam varian rasa. Paling populer adalah cokelat, vanila, dan strawberry. Tiga rasa itu bisa dicampur, dan ditambah topping cincau, agar-agar dan kacang merah.

2.    Ice Cream Urip
Kedekatan lokasi kedai dengan bangunan tertentu atau nama jalan, memang kerap jadi inspirasi jenama. Atau panggilan yang akrab di telinga orang.

Selain Es Krim Petrus, ada Ice Cream Urip yang berlokasi di Jalan Jendral Urip. Kabarnya, kedai ini sudah ada sejak tahun 1992.  Sudah lebih 30 tahun, ya?

Dan yang menarik perhatian, kedai ini merupakan es krim modern pertama di Kota Pontianak!

Mereka memiliki banyak varian menu. Ada Banana Split, Waffle Cone, Coke Float, Rainbow, Sundae, Fruit Sundae, Cappucino Float, Milo Float, Oreo Ice Cream, dan Oreo Float.

Yang paling terkenal adalah Banana Split. Es krim yang disajikan dalam wadah memanjang mirip sampan. Satu porsi Banana Split terdiri dari tiga gundukan ice cream lembut dengan tiga rasa; vanila, vanila-cokelat, dan cokelat.

Terdapat taburan kacang tanah sangrai di atasnya memberi sensasi gurih. Lelehan susu cokelat juga bikin lidah uwuu. Banana-nya seperti dayung di kiri-kanan.

Supaya semakin Instagenic, ada hiasan cone mirip kue semprong dengan aroma jahe di atasnya.

3.    Kongpou Ice Cream
Jika yang lain punya tempat permanen, Kongpou Ice Cream hadir dengan gerobakan. Lokasinya di Jalan Letjend Suprapto, Nomor 30 Pontianak, tepat di depan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti atau seberang kampus IAIN Pontianak.

Konon, mereka sudah jualan sejak tahun 1955.

Ada 40 pilihan rasa di sini. Mulai dari yang umum seperti vanilla, cokelat, oreo, tiramisu, hingga buah-buahan yang diolah sendiri seperti strawberry, nangka, alpukat, cempedak, durian, sirsak, kweni, anggur, guava, dan masih banyak lagi.

Pilihan wadah es krimnya mulai dari cone, wafer, sandwich, roti, cup, mangkuk, hingga boks. Harganya tergantung ukuran yang diinginkan. Paling murah seperti cone, wafer, sandwich, roti, cup dimulai dengan 10ribuan, sisanya yang paling mahal adalah dengan wadah boks ukuran large, dibaderol 80ribu.

Oh iya, dalam satu wadah, Kawan Pontinesia bisa memilih lebih dari satu rasa. Maksimal lima rasa. Jangan semuanya, gak muat wadahnya. Mereka juga menyediakan topping seperti kacang merah dan cincau sebagai tambahan.

Nah, itulah tiga es krim legendaris di Kota Pontianak yang saya rekomendasikan. Untuk informasi harga dan beberapa varian, mungkin akan berubah sewaktu-waktu tergantung ketersediaan dan harga bahan baku. Semoga bermanfaat.

Ikuti terus cerita Pontinesia, dari Pontianak makin tahu Indonesia!




Top