Berita

Warga Pontianak, Ayo Ikut Program Relawan Membangun Kota Pontianak

20 November 2015




Komunitas anak muda menjadi wadah sosial yang memiliki peran strategis untuk mengembangkan potensi serta membuka pola pikir untuk berkarya dan membangun lingkungan sekitar. Kota Pontianak, dengan jumlah komunitas yang terus meningkat, bahkan termasuk dalam 3 besar kota di Indonesia dengan jumlah komunitas terbanyak, harus mampu menangkap peluang strategis ini untuk menghadapi tantangan serta menyelesaikan berbagai masalah perkotaan berbasis kekuatan komunitas maupun relawan anak muda ini. Forum Relawan Bahagia mencoba untuk menjadi payung dari komunitas-komunitas sosial yang ada di Pontianak, salah satunya dengan menggelar acara NGOPI (Ngobrol Produktif & Inspiratif) pada hari Kamis (19/11/15), bertempat di Aula Rumah Dinas Wakil Walikota Pontianak. Acara ini dihadiri oleh beberapa pihak yang terkait dengan kerelawanan diantaranya Wakil Walikota Pontianak, Bapak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MT, MM. Perwakilan dari Dinas Pemuda & Olahraga Pontianak, stakeholder dan masih banyak lagi. Komunitas yang diundang dan hadir dalam acara tersebut juga tidak kalah ramainya berjumlah kurang lebih 50 komunitas.

Acara NGOPI ini sendiri bertujuan sebagai media ataupun momen pertemuan dan sharing antar komunitas maupun pihak terkait lainya seperti Pemerintah Kota Pontianak dalam hal mengkoordinasikan program pemerintah dengan kegiatan relawan & komunitas agar dapat saling mendukung satu sama lainnya. Disampaikan oleh Bapak Wakil Walikota bahwa dengan banyaknya komunitas dan kerelawanan ini sangat membantu dalam mempercepat proses perubahan suatu kota ke arah yang lebih baik. Sementara itu, menurut perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak, Pontianak merupakan kota yang memiliki jumlah komunitas terbanyak di Indonesia setelah Yogyakarta dan Bandung. Bisa dibayangkan bagaimana perubahan positif yang dapat dihasilkan jika semua komunitas tersebut bersama dan berkolaborasi turut serta dalam pembangunan kota. Let's make it happen, budak!


Acara yang dikemas santai tersebut dimulai dengan pemutaran beberapa video dari komunitas sebagai bentuk perkenalan ke komunitas atau relawan lainnya. Tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja yang tertarik untuk gabung ke komunitas tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan dari Komunitas Pecinta Angklung Pontianak dimana para anggotanya banyak berasal dari adik-adik SMP. Mereka juga mengajak bagi siapa saja baik dari komunitas atau relawan yang ingin mengadakan acara untuk mengundang mereka tampil di acara tersebut.

Ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antar komunitas. Sebagai contoh, komunitas yang bergerak di bidang sosial atau lingkungan membutuhkan donasi untuk melakukan suatu kegiatan maka mereka dapat mengundang komunitas lainnya untuk tampil dalam acara pengumpulan dana. Dari pihak Isntansi Pontianak, materi disampaikan oleh Dinas Pemuda & Olaharaga dan Palang Merah Indonesia. Dispora menyampaikan tentang program inkubator komunitas yang akan diadakan tiap tahun. Sedangkan dari PMI menggalakan kesadaran warga untuk selalu berdonor darah setiap 3 bulan sekali bagi siapa saja.

Selanjutnya dipaparkan beberapa program sosial yang digagas oleh beberapa pihak relawan untuk menjadikan Kota Pontianak lebih baik. Program sosial ini diharapkan menjadi pilot project yang dapat menyatukan berbagai macam kegiatan dari komunitas dan relawan di Kota Pontianak. Semakin ramai dan beragam kontribusi yang dapat diberikan baik dari individu, komunitas, maupun relawan maka semakin baik pula karya yang dihasilkan. Bagi kamu yang ingin berpartisipasi menjadi relawan, baik secara individu maupun komunitas, Pontinesia yang turut hadir dalam acara NGOPI tersebut, merangkum beberapa program yang bisa kamu ikuti ataupun kamu dukung secara aktif keberlanjutannya. Check it out!

Tambelan Kreatif


Merupakan program membuat kampung Tambelan yang berada dikawasan sekitar Jempatan Sungai Kapuas menjadi kampung kreatif. Dengan adanya daerah atau taman kreatif di suatu kota diharapkan menjadi sumber kegiatan positif yang dapat menular ke lingkungan disekitarnya. Ide ini sudah pernah diterapkan di beberapa kota besar Indonesia seperti Yogyakarta (Kali Code) dan Bandung.


Langkah awal dari program ini adalah dari bidang infrastuktur. Beberapa waktu yang lalu, relawan lingkungan dibantu warga sekitar telah beberapa kali melakukan kegiatan pembersihan dan penataan lingkungan di wilayah tersebut. Selanjutnya akan dibangun taman atau bangunan yang nantinya untuk aktivitas kegiatan komunitas relawan lainnya dari bidang pendidikan, budaya, dll. Daerah ini juga memiliki potensi kreatif dari bidang wisata & kearifan budaya berbasis potensi sumber daya lokal. Rencanaya akan dibuat Program WISATA SAMPAN & program MANDI DI SUNGAI KAPUAS. Bagi kalian yang ingin berpartisipasi silahkan dapatkan informasinya di Tambelan Kreatif

Program 1000 Parit


Parit merupakan salah satu kearifan leluhur warga Kota Pontiananak terhadap lingkungan, daerah yang berawa gambut dengan ketinggian hanya 0-1,5 meter dpl, ketika Belanda masuk ke Kota Pontianak parit dibuat lebih besar layaknya kanal-kanal di Kota Amsterdam Belanda (New Amsterdam atau Amsterdam Kecil). Parit di Kota Pontianak sempat menjadi salah satu urat nadi dalam mendukung perekonomian warga Kota sehingga parit menjadi salah satu Identintas Kota Pontianak, namun, seiring pembangunan parit-parit di Kota Pontianak mulai hilang. Kini berbagai komunitas dan pemerintah mulai berusahaan mengembalikan parit menjadi salah satu Identitas Kota Pontianak. Program ini digagas oleh Deman Huri. Bagi yang berminat bisa langsung menghubungi beliau dalam program tersebut.

Beberapa program yang juga sedang berkembang diantaranya Bansir Kreatif yang digagas Komunitas Sukarelawan Suka Kampung (SUKA SUKA) dan #PeduliKhatulistiwa. Mungkin tidak semua program dapat kami rangkum disini, karena sejauh ini informasi yang kami dapat baru sebatas program-program tersebut. Oleh karena itu, kami mengundang bagi siapa saja, budak Pontianak yang mempunyai program positif seperti beberapa kegiatan di atas untuk memberikan informasinya kepada kami agar lebih banyak lagi informasi positif yang dapat disampaikan. Halaman ini akan selalu kami update jika terdapat beberapa program baru yang masuk. Pontinesia listen to your good news! .

Hidup Komunitas & Relawan Pontianak.




Top
Top