Local Creators

Di Balik Layar Pontinesia: Bisik-Bisik Sian dan Tan

04 Juli 2023

208 views

Kontributor :
Mia Islamidewi
@miaislmdw
Kontributor :
Mia Islamidewi
@miaislmdw

“Bisik-Bisik Sian dan Tan” jadi salah satu konten Pontinesia dengan impresi tinggi Juni lalu. Foto-foto epik dibalut cerita sejarah salah satu wilayah paling utara Kota Pontianak ini sukses raih ribuan likes. Bagaimana proses pemilihan konsep sekaligus produksinya? Berikut cerita dari Widy Anggara, Man Behind the Cam.

Widy bercerita, ide hunting foto di Siantan baru muncul pertengahan bulan puasa lalu. Lokasi pilihannya jatuh pada sekitar Pasar Puring dan kapal penyeberangan atau ferry. Sebagai warga Siantan, Widy, termasuk jarang eksplorasi foto di daerah tinggalnya.

Pada foto-foto di konten “Bisik-Bisik Sian dan Tan”, mulanya Widy tertarik Parit Pekong. Bangunan kayu dan gertak warna kuning membuat kesan estetik di pandangan. Sekarang perkara waktu, ia coba menjadwalkan kembali datang sore hari. Mencari aktivitas yang lebih hidup. Apa yang diharap tercapai, anak-anak sedang berenang. Mereka antusias, sampai memanggil Widy minta diabadikan.

Dan yang terunggah itulah hasilnya. Ternyata kolaborasi foto-foto epik dan informasi sejarah tentang Siantan menarik perhatian instagramers. Pada Minggu (2/7), unggahan itu meraih hingga 1.272 likes dengan impresi lebih dari 10 ribu akun. Kolom komentar pun tampak respon positif dan interaktif dari netizen.

Widy sendiri memang senang memotret dengan tema human intrest juga city scape. Dulunya hanya fokus pada foto tunggal, makin ke sini ia karya foto yang komplit dan bercerita.

Kawasan tepian Kapuas memang jadi kesukaannya. Sejauh ini, Tambelan Sampit yang paling berkesan. Saat itu cuaca Pontianak sedang bagus, air Sungai Kapuas pasang, biasanya momen ini dimanfaatkan anak-anak sekitar untuk berenang bahkan terjun dari pagar waterfront.

Saat itu ia harus mengambil posisi jongkok dan menyelipkan badan di antara pagar, hingga kepalanya terbentur dan menyisakan sakit luar biasa. Tapi sakitnya dibayar lunas dengan hasil foto yang memuaskan. Momen dan background yang pas.

Perjalanan untuk dapat hasil foto yang bagus memang butuh waktu dan eksplorasi panjang. Siapa tahu lokasi terdekatmu dapat dirangkai jadi konten yang menarik seperti foto-foto Widy ini. Ayo, ditunggu konten kerenmu dari beragam sudut epik dan estetik di Pontianak, ya!




Top