Local Creators

Konsisten Buat Konten, Salah Satu Tahap yang Paling Challenging

26 Juni 2023

255 views

Kontributor :
Mia Islamidewi
@miaislmdw
Kontributor :
Mia Islamidewi
@miaislmdw

Dalam proses tumbuh sebagai Content Creator akan banyak tahap yang dilewati. Untuk tahap yang satu ini, terlihat mudah tapi nyatanya sangat challenging, yaitu konsisten. Proses bertahan kadang lebih berat daripada proses mendapatkan. Tapi ada langkah yang bisa diambil untuk menjadi konsisten, tentu semuanya bertahap dan tidak langsung sampai.

Butuh rasa nyaman agar membuat konten dapat menjadi habit yang konsisten. Jadikan stok ide dan materi yang menumpuk sebagai tabungan, tampung sebanyak-banyaknya. Kemudian terapkan cara berikut ini sebagai langkah-langkah menuju konsistensi itu.

Buat Konsep & Jadwalkan!
Biasanya Creators sering tiba-tiba dapat ilham berupa ide untuk materi konten, kan? Langsung catat! Jadwalkan waktu dan suasana yang nyaman untuk membuat konsepnya lebih matang. Misal, setiap hari Senin dijadwalkan sebagai drafting day, ambil beberapa jam di hari tersebut untuk membuat daftar dan merancang konsep konten.

Pada hari Selasa & Kamis dapat dijadwalkan untuk proses eksekusi dan produksi konten yang sudah dikonsepkan pada hari Senin. Ciptakan proses produksi sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Latihan & Tambah Wawasan!
Konten yang bagus merupakan hasil dari kemampuan yang dilatih terus-menerus. Latihan yang dapat dilakukan juga beragam, tergantung materi atau konsep seperti apa yang kamu sajikan. Beauty Creator misalnya, dapat berlatih dengan mencoba style make up yang baru.

Dalam proses latihan, jangan lupa ada wawasan yang berfungsi sebagai bahan bakar. Cari sumber wawasan sebanyak-banyaknya, ikut kelas atau diskusi bersama. Jika diambil contoh Beauty Creator, dapat bergabung ke kelas make up atau praktik hasil make up dari tutorial di YouTube.

Perlu diingat, untuk mencapai konsisten buat konten itu perlu waktu dan pembiasaan. Jika sudah terbiasa dan menemukan feel dari membuat konten, maka terbentuklah konsistensi. Pelan-pelan jangan lupakan latihan dan tambah wawasan. Good luck!




Top