Berita

Jembatan Gertak 1 Dibongkar, Pembangunan Ulang dengan Ciri Khas Kota Pontianak

25 Juli 2016


Pemerintah Kota Pontianak akan melakukan pembangunan dengan merehab jembatan di simpang Jl Pak Kasih-Jl Hasanuddin atau yang dikenal dengan Gertak 1.Jembatan tersebut juga merupakan penghubung antara Jalan Pak Kasih dan Jalan Komyos Soedarso.

Rencananya pembangunan mulai dilaksanakan pada 16 Juli dengan total anggaran senilai Rp 19 miliar, termasuk pembangunan jembatan TPI oleh Kempupera. Target pelaksanaan diperkiraan memakan waktu sekitar 6 bulan.

Pekerjaan ini merupakan program dari Kementerian PU Balai Jalan Besar, yang ditujukan untuk pembangunan gertak satu. Dari hasil uji yang mereka lakukan. Dengan pertimbangan Gertak 1 ini untuk kekuatan fondasinya dan infrastruktur jalan yang ada sering dilalui kendaraan berat.

Berdasarkan penilaian dari Kementerian PU dan data yang ada, umur jembatan tersebut sudah di atas 30 tahun. Fondasi kayu belian akan diganti dengan konstruksi beton. Harapannya desain dan leaningnya tidak terlepas dari ciri khas Kota Pontianak.

Selama pengerjaan jembatan ini, pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan. Pengendara dari arah Jl Pak Kasih tidak bisa langsung menuju Komyos Soedarso namun harus berbelok ke Jl Puyuh, kemudian belok lagi ke arah Jl Merdeka.

Sedangkan pengendara dari arah Jl Komyos Soedarso tidak bisa lurus ke Jl Pak Kasih namun harus berbelok ke Jl Hasanudin. Diharapkan dengan adanya pembangunan masyarakat bisa menghindari rute tersebut agar tidak terjadi kemacetan dengan mencari alternatif jalan lain.

Gambar: @bakaneko




Top
Top