Destinasi

Sungai Kapuas

Pontianak, Kalimantan Barat

Sungai Kapuas atau Sungai Kapuas Buhang atauBatang Lawai merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang dipulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.178 km.

Nama sungai Kapuas diambil dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga muaranya disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai. Jika kita berbicara mengenai sungai kapuas dari sisi pariwisata, maka terdapat dua komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari sungai kapuas ini yaitu Jembatan Kapuas dan Taman Alun Kapuas

Jembatan Kapuas



Jembatan Kapuas terletak di Kota Pontianak dengan panjang 420 meter dan lebar 6 meter. Jembatan kapuas I ini merupakan penghubung pusat Kota Pontianak dengan beberapa kabupaten lainnya di Kalbar. Jembatan ini dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982. Jembatan yang dibangun dengan dana Rp 6,06 miliar ini pada awalnya difungsikan sebagai jalan tol yang berarti setiap pengguna jembatan ini dipungut tarif tol. Namun karena jembatan ini dianggap sudah menjadi jalur utama dan tidak ada jalur alternatifnya, pungutan tarif tol dihapus pada pertengahan 1990-an dan jembatan ini bebas dilalui pengendara.

Taman Alun Kapuas



Alun-alun Kapuas adalah taman yang berada di pinggiran sungai Kapuas, tepatnya di jalan Rahadi Oesman di depan Kantor walikota Pontianak dan Markas Kodam Tanjungpura. Lokasi waterfront ini merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat kota Pontianak untuk jalan-jalan atau berekreasi. Waktu kunjungan paling ramai adalah pada sore hingga malan hari, karena pada siang hari taman ini sangat panas.

Must To Do

Selain dapat menikmati keindahan Kapuas dari tepi sungai, kita juga dapat menikmati keindahan sungai ini dengan menyusurinya. Kita dapat menyewa sampan lengkap dengan pendayungnya seharaga kisaran 10.000 - 20.000 rupiah. Jika menginginkan perjalanan menyusuri sungai yang lebih eksklusif, Anda dapat datang ke Cafe Serasan dimana disana Anda dapat menaikki perahu motor sambil memesan makanan & minuman sepanjang perjalanan. Namun model ini lebih cocok untuk yang berkunjung secara rombongan. Harga sewa kapal berkisar antara 100.000 - 300.000 rupiah



Top