Berita

Berbagi Kepada Sesama Dalam Bentuk Sebungkus Nasi

25 April 2015





Jumat, 24 April 2015, Pontinesia turut serta dalam sebuah gerakan bernama Berbagi Nasi. Komunitas ini fokus pada gerakan berbagi kepada sesama dalam bentuk sebungkus nasi kepada masyarakat kurang mampu. Gerakan ini sudah terbentuk sejak dua tahun silam, dan Pontianak merupakan cabang gerakan Berbagi Nasi pertama di Kalimantan.

Kami datang sekitar pukul 19.00 ke basecamp Berbagi Nasi di Warung Kopi Laris Manis, Pasar Mawar, dan disambut oleh teman-teman dari Berbagi Nasi Pontianak. Sembari mengemas nasi-nasi bungkus dari para donatur, anggota-anggota gerakan Berbagi Nasi melakukan briefing singkat untuk membagi para Pejuang Nasi ke dalam beberapa tim. Tim yang turun pertama kali ke jalanan sekitar pukul 20.00 disebut Tim Awal. Gelombang kedua turun sekitar pukul 21.00, dibagi menjadi beberapa tim yang dipecah ke beberapa jalan protokol Pontianak. Kami memutuskan ikut dalam Tim Merah yang bertugas menyusuri kawasan PSP, Pasar Tengah, dan Jalan Barito. Sebanyak sekitar 255 bungkus nasi berhasil dibagikan oleh seluruh tim dari gerakan Berbagi Nasi. Kegiatan malam itu diikuti sekitar 80-an Pejuang Nasi.


Selain berbagi nasi bungkus, gerakan ini juga mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi para targetnya. Seluruh target Berbagi Nasi akan ditanyakan perihal keluhan kesehatannya, riwayat pekerjaan, dan kegiatan sehari-hari. Tim Berbagi Nasi memiliki beberapa anggota dengan latar belakang ilmu kesehatan. Mereka yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan mencatat rekam medis masing-masing target. Jika dibutuhkan, mereka akan memberikan obat-obatan kepada para target. Selain itu, Berbagi Nasi juga menyalurkan apapun jenis donasi dari para donatur mereka.



Tertarik dengan gerakan ini? Silakan datang langsung ke Warung Kopi Laris Manis di Pasar Mawar, setiap Jumat mulai pukul 19.00 WIB, dan nantikan artikel tentang profil lengkap Gerakan Berbagi Nasi Pontianak di Pontinesia.com, soon! :D




Top
Top